DPO Kasus Korupsi Berhasil Ditangkap Ditreskrimsus Polda Sumbar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar akhirnya berhasil menangkap seorang pelaku terkait kasus tindak pidana korupsi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Pesisir Selatan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi beserta Wadir Reskrimsus AKBP Dodi Rahmawan, S.Ik saat menggelar Press Release di Mapolda, Kamis (9/2) siang.

Tersangka berinisial WT (44) warga Desa Tanjung Burung Prov. Banten yang merupakan Direktur PT Lion Fibre Glass ini ditangkap di Bandara Juanda Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, Rabu kemarin (8/2/2017).

20170209123735_IMG_6629

“Pelaku sudah masuk DPO selama 3 bulan, dan berhasil ditangkap di Bandara Juanda Surabaya setelah kita berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan Polda Jawa Timur”, ujar Wadir Reskrimsus.

Kasus ini merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya yang melibatkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) berinisial M dari Dinas Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Pesisir Selatan yang telah dijatuhi vonis, dengan perkara korupsi pekerjaan pembangunan pabrik es kapasitas 10 ton perhari pada tahun 2011 di Kec. Lengayang Kab. Pessel.

Pengerjaan pembangunan pabrik es tersebut menggunakan dana dari APBN Kementrian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 1.645.215.000.

“Dari hasil pengembangan kasus tersebut, kita mendapatkan tersangka lain yakni WT,” tambahnya.

Informasi yang telah dihimpun bahwa WT tersandung kasus tindak pidana Korupsi dikarenakan ia selaku pihak penyedia barang, namun yang bersangkutan tidak melakukan penggantian barang sesuai dengan spek perjanjian.

“WT memberikan barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan”, jelas AKBP Dodi Rahmawan.

Akibat ulah tersangka, negara mengalami kerugian sekitar Rp 282.260.750. Tersangka dikenakan pasal 2 ayat 1 undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Sumber : Humas Polda Sumbar

Editor : M. Iqbal

Publish : Humas Polda Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password