Karena Ulahnya, Fotonya pun Beredar dan Viral di Medsos

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Belakangan ini sebuah foto seorang Polisi dan anggota TNI sedang menandu seorang nenek menjadi viral di media sosial. Pesan berantai atau broadcast khususnya melalui aplikasi Whatsapp Messenger banyak menceritakan tentang foto tersebut. Dilihat dari seragam Polisi yang dikenakan, dengan posisi baju dikeluarkan dan sepatu laras panjang menandakan bahwa saat itu dalam situasi penanganan bencana alam. Hanya nama dada tertulis Candra yang menjadi petunjuk.

Polrestrenggalek.com berusaha menguak identitas polisi dan waktu kejadian foto tersebut. Setelah mewawancarai beberapa anggota Polres Trenggalek diketahui bahwa Polisi dalam foto tersebut adalah Brigadir Candra, anggota Subbaghumas Bagops Polres Trenggalek yang merangkap sebagai Bhabinkamtibmas Desa Dawuhan Kecamatan Trenggalek.

Kepada tribratanews.polri.go.id, Brigadir Candra menceritakan sekelumit kejadian yang terekam dalam foto tersebut.

“Peristiwa tersebut berlangsung di bulan November 2016 yang lalu. Saat itu terjadi bencana alam tanah longsor yang mengakibatkan tanah retak di Desa Dawuhan, Trenggalek”, ujar Candra.

Karena tugas dan tanggungjawabnya sebagai Bhabinkamtibmas, saat itu Candra bergegas menuju lokasi bencana alam. Setelah berkoordinasi dengan kepala desa dan Babinsa setempat, diketahui akibat longsor yang cukup parah dan tanah retak itu berdampak pada rumah warga yang berada di bawah bukit dan harus segera dievakuasi. Salah satunya adalah rumah Mbah Karti.

Masalah tidak berhenti disitu, mengingat kondisi Mbah Karti yang sudah tua dan tidak bisa berjalan, saat itu juga diputuskan mengevakuasinya dengan jalan ditandu.

“Tandunya kami buat sendiri. Penyangga dari bambu dan di atasnya kami pasang kursi sofa”, ucap Candra.

Menandu Mbah Karti dari rumah menuju tempat evakuasi juga bukan perkara mudah. Kondisi tanah becek dan licin akibat hujan serta menanjak, membuat Candra harus ekstra hati-hati. Salah sedikit bisa berakibat fatal bagi Mbah Karti. Dan berkat kebersamaan dan bantuan masyarakat, Mbah Karti pun dapat diselamatkan hingga ke lokasi evakuasi yang telah dipersiapkan.

Sementara itu Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si saat dikonfirmasi perihal foto tersebut menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada anggotanya.

“Terus tingkatkan kepedulian. Kehadiran Polri haruslah membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya”, ujar Donny.

Sepenggal kisah Brigadir Candra di atas mencerminkan sosok Polri yang sesungguhnya. Sosok yang peduli dan rela melakukan apapun demi masyarakat.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password