Kapolda Maluku Utara: Pilkada Kab. Halteng dan Morotai Dijamin Aman dan Damai

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Malut Brigjen Pol Drs. Tugas Dwi Apriyanto S.H, M.M, menaruh perhatian serius untuk menciptakan kedamaian di pilkada Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dan Kabupaten Morotai. Tak tanggung-tanggung, jenderal bintang satu itu mempertaruhkan jabatannya. Kapolda bertekad, seluruh tahapan pilkada hingga percoblosan pada 15 Februari 2017 ini harus berlangsung damai.

Menurut Kapolda, agar pilkada tersa aman dan damai, seluruh pasangan calon harus siap memang dan siap kalah.

Untuk menjaga keamanan, Kapolda menyiagakan sembilan peleton polisi di masing-masing kabupaten. Satu peleton tercatat sebanyak 30 polisi. Personel Polisi sebanyak itu harus disiagakan guna mengantisipasi terjadi kecurangan, konflik dan lainnya. Kapolda tidak ingin pilkada di Halteng dan Morotai terjadi seperti di pilkada Halmahera Selatan (Halsel) tahun 2015 lalu. Bila perlu TPS (tempat pemungutan suara) yang rawan saya tempatkan satu peleton polisi untuk mengamankan.

Selain itu, Polisi berpangkat Kombes pun diturunkan oleh Kapolda untuk siaga di lapangan. Polisi berpangkat Kombes akan ditarik ke Mapolda jika pilkada sudah selesai dengan aman dan damai. “Itupun tergantung perintah saya,”katanya.

Orang nomor satu di Polda Malut ini menegaskan, jika pilkada Halteng dan Morotai tidak terlaksana dengan aman dan damai. “Saya pertaruhkan jabatan saya. Sehingga itu, pilkada Halteng dan Morotai harus aman, apapun carannya. Ini bukan pertandingan suku dan agama. Tapi kita memilih pemimpin untuk menentukan nasib daerah selama lima tahun kedepan,”ujarnya.

Ia berharap tim sukses dan para calon untuk siap menerima kenyataan. Siap kalah dan siap menang. Kami juga akan awasi distribusi surat suara hingga ke TPS, meski itu kewenangan KPU. Kami tetap berkoordinasi dengan KPU. Meski disegel, Polisi tetap awasi.

Penulis : Humas Polda Maluku Utara
Editor : Kang ikbal96
Publish : Wanto Batjan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password