Police Go School Polsek Jepon Resor Blora Sentuh Pelajar Dengan Hati

tribratanews.polri.go.id – BLORA, Guna meningkatkan kesadaran siswa dan mengantisipasi terjadinya kenakalan di kalangan remaja, Polsek jajaran Polres Blora menggelar penyuluhan dengan berkunjung ke sejumlah sekolah dalam program Police Go To School di wilayah masing-masing. Hari ini, Rabu (08/02/17) Kasium Polsek Jepon Resor Blora Iptu Sartono mewakili Kapolsek melaksanakan Binluh di SMA N 1 Jepon.

Pada kesempatan itu, Iptu Sartono mengatakan, penyuluhan ini agenda rutin Polsek Jepon yang dilakukan ke sekolah-sekolah pada tiap bulannya. 

“Usia dini, terutama para pelajar, merupakan usia yang sangat bagus untuk menanamkan berbagai hal yang positif. Karena apa yang mereka dapatkan bisa tertanam dan diingat sampai mereka dewasa nanti,” jelasnya.

IMG-20170208-WA0036Kata dia, penyuluhan ini merupakan program police go to school yang bekerja sama antara Kepolisian Polres Blora dengan Diknas Pendidikan Kab. Blora sebagai upaya menekan angka kenakalan remaja .

“Setiap dua minggu sekali kita lakukan penyuluhan. Kegiatan ini juga tergantung kesiapan pihak sekolah, baik itu tingkat SD, SMP ataupun SMA,” ujarnya.

Adapun materi penyuluhan terkait beberapa hal dalam keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) termasuk soal narkoba, tertib berlalulintas dan bahaya balapan liar. 

“Semua hal tersebut yang saat ini sedang menjadi sorotan masyarakat, terutama narkoba dan balap liar,” ungkapnya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terutama para pelajar di usia remaja.

Disepan para siswa SMA N 1 Jepon, Kasium Polsek Jepon menyampaikan bahwa sebagai pelajar tugas utamanya adalah menuntut ilmu. Tanamkan disiplin diri dan jangan sampai salah pergaulan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan masalah disiplin berlalulintas, bahaya Narkoba, Miras serta kenakalan remaja. Menurut Iptu Sartono, kenakalan remaja dijalanan yang akhir-akhir marak tejadi dinilai sudah sangat meresahkan. Dan lebih mirisnya lagi, perilaku tersebut kebanyakan dilakukan anak-anak dibawah umur. Untuk itu diharapkan, para siswa tidak mudah terpengaruh oleh provokasi dan jangan sekali kali masuk dalam lingkaran atau anggota gank. Tugas dan kewajiban sebagai pelajar adalah belajar, bukan melanggar hukum.     

IMG-20170208-WA0034“Kalian adalah tunas bangsa sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan, isi waktu kalian untuk melakukan hal-hal yang positif, kalian jangan sampai diatur oleh waktu, tapi waktulah yang harus kalian atur, sehingga waktu kalian akan lebih bermanfaat,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Jepon, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat untuk menumbuhkan situasi kamtibmas untuk menciptakan suasana yang kondusif. Dirinya sangat menyambut positif kehendak Polsek Jepon yang memberikan bekal pengetahuan tentang kantibmas kepada para siswanya.

“Penyuluhan ini memberikan dampak positif bagi para pelajar, tentang bahaynya balap liar, keselamatan berlalulintas, juga bahayanya narkoba dan pornografi,” katanya. 

Para siswa pun tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Rata-rata mereka mengaku senang karena mendapatkan pengetahuan lain, yang jarang mereka dapatkan dari sekolah. 

Menutup kegiatan, Kasium Polsek Jepon Iptu Sartono “berpesan untuk saling menghormati antar pelajar agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jalin kerjasama antar sesama pelajar baik di lingkungan sekolah sendiri maupun dengan sekolah lain. Berkompetisilah dalam hal yang positif untuk meraih prestasi.” Pungkasnya. 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password