Bersama NU dan Muhammadyah, Polres Grobogan Ciptakan Kamtibmas Kondusif dan Menjaga Kebhinekaan NKRI

Tribratanewspolri.go.id – Polres Grobogan menggelar sarasehan dengan seluruh tokoh agama Kabupaten Grobogan bertajuk “Silaturahmi Kapolres Grobogan dengan Kemenag, Ketua FKUB dan Ketua MUI Kabupaten Grobogan dalam rangka kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Grobogan”. Acara berlangsung di Aula Jananuraga Polres Grobogan, Rabu (8/2/2017) pagi.

Sarasehan yang diikuti oleh seluruh tokoh agama se Kabupaten Grobogan
Sarasehan yang diikuti oleh seluruh tokoh agama se Kabupaten Grobogan di Aula Jananuraga Mapolres, Rabu (8/2)

Tribratanews.polri.go.id – Sarasehan diikuti Kepala Kemenag Grobogan Arifin M. Ag, Ketua FKUB Grobogan Toha Karim Amrulah,  Sekertaris MUI Grobogan H Mahbub Ulil Albab, Ketua Muhamadiyah Grobogan Ir. Djati Purnomo MSi, Ketua PC NU Grobogan Toha Abu Mansyur MM, Ketua Bamag Yohanes, dan beberapa organisasi keagamaan lainnya. Hadir pula perwakilan dari Agama Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu Kabupaten Grobogan. Selain itu hadir pula Ketua dan Sekertaris Mui Kecamatan se Kabupaten Grobogan.

Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning SIK MH menyampaikan bahwa Konsep pembentukan NKRI tidak lepas dari peran para ulama dan tokoh agama, mengajak kepada semua yang hadir untuk menjaga kerukunan umat beragama di wilayah kabupaten Grobogan, Saling hormat menghormati sesama umat dan menghargai perbedaan, Menjaga situasi yg kondusif di wilayah kabupaten Grobogan dengan bersinergi antara polri dengan para ulama dan umaroh, memperkuat keutuhan NKRI, Cinta tanah air, Kesatuan dan persatuan, cinta Pancasila, Kebhinekaan dan menghormati perbedaan.

Selain itu Kapolres menyampaikan  Ulama dan Toga adalah sbg benteng penjaga umat dan Polti sbg penjaga kamtibmas dalam suatu wilayah. “Informasi terkait rencana aksi damai bela Islam tgl 112, 122 dan 152 di Jakarta dihimbau melalui toga yang hadir, agar disampaikan kepada jamaahnya agar tidak mudah terpengaruh dengan isu kegiatan di Jakarta dan tetap menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Grobogan dengan tidak mengikuti kegiatan tersebut,” Imbau AKBP Agusman Gurning kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

WhatsApp Image 2017-02-08 at 14.55.04

Diakhir sambutannya, Kapolres mengucapkan terimakasih kepada para tokoh agama dan seluruh yang hadir serta mengajak bersama sama bersinergi untuk menciptakan situasi yg tetap kondusif, cegah faham radikal, Jaga Kerukunan antar umat beragama di wilayah kabupaten Grobogan.

Sementara itu Sekertaris MUI Grobogan H Mahbub Ulil Albab menyampaikan di forum sarasehan ini, bahwa Sebanyak 19 Kecamatan di Kabupaten Grobogan mayoritas cinta NKRI, karena dalam berbangsa dan bernegara mayoritas selalu berpegang pada KH. Hasyim Ashari pendiri Nahdatul Ulama. Yang sudah terbukti dalam berbangsa dan bernegara mengakui Indonesia negara Darusalam yaitu negara yang menghargai perbedaan agama, suku, dan etnis di Indonesia. Dan di Jateng kabupaten Grobogan salah satu Kabupaten yg tidak terdapat potensi konflik antar agama.

Kepala Kemenag Grobogan Arifin M. Ag menyampaikan arti kerukunan dlm kehidupan perbedaan umat adalah Indah, menyenangkan dan rahmatan lil alamin. “Mari kita tetap saling menghormati dan menjaganya,” Kata Arifin M. Ag.

Diakhir acara, para tokoh agama dan tamu undangan yang hadir sepakat tidak mengikuti kegiatan di Jakarta dan akan terus mendukung Polri dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Grobogan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password