Konsep Tahu Diri yang Menumbuhkan Kepedulian terhadap Lingkungan Sekitar

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si. dalam sebuah kesempatan pernah menyampaikan, seorang Polisi itu harus tahu diri dan tahu lingkungan. Dari tahu diri dan tahu lingkungan akan menumbuhkan kepedulian, dan dari peduli itu akan memunculkan empati. Konsep tahu diri itulah yang dijadikan pedoman dalam mengelola organisasi Polres Trenggalek sehingga dinamika dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam perjalanannya, Donny menetapkan gerakan “Polisi Peduli Sesama” atau P2S sebagai implementasi dari rasa kepedulian Polisi atas kesulitan dan kesusahan masyarakat di sekitarnya.

“Polisi harus mengambil peran mengurangi beban masyarakat. Lakukan walau hanya kecil dan sederhana. Insyaallah bernilai ibadah”, ujar Donny.

Menyikapi hal tersebut, Polsek Gandusari melalui Bhabinkamtibmas Desa Melis, Bripka Wahyudi, SH blusukan ke desa binaannya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Ditemani oleh Wakapolsek dan Kanit Binmas bersama-sama menyambangi pak Saliman, seorang warga yang mengalami cacat kaki. Untuk berjalan saja ia harus dibantu tongkat. Sedangkan sang istri mengalami (maaf) gangguan jiwa.

Setelah berbincang sejenak, Wahyudi menyerahkan bantuan sembako sebagai bentuk empati kepada Saliman.

“Mohon diterima walau hanya sedikit pak”, ujar Wahyudi yang disambut dengan ucapan terima kasih oleh Saliman.

“Setidaknya kita sudah berbuat meringankan beban warga”, tandas Wahyudi.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password