Dongeng di Balik Gerobak Usang Sang Kakek

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Perbuatan baik sekecil apapun akan bernilai ibadah jika kita melakukannya dengan ikhlas. Kalimat itulah yang terucap oleh Kanit Sabhara Polsek Pogalan Aiptu Suharto saat membantu seorang kakek yang sedang mendorong gerobak di jalan.

Cerita berawal saat regu patroli Sabhara Polsek Pogalan berkeliling, memastikan kondisi Kamtibmas di wilayah hukumnya dalam keadaan kondusif. Menggunakan kendaraan dinas, Aiptu Suharto bersama dua orang anggotanya berencana menuju Dam Kranding mengecek debet air. Maklum saja, Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah rawan banjir, sedangkan aliran sungai besar melintas di tengah kecamatan Pogalan.

“Apalagi musim hujan seperti saat ini. Harus rutin mengecek debet sungai”, ujar Suharto.

Saat menuju Dam Kranding itulah, regu Patroli ini melihat seorang kakek yang sedang mendorong gerobak berisi ranting dan kayu bakar. Sang kakek itu terlihat sendirian, tampak kesulitan dan keringat bercucuran menunjukkan kelelahannya. Sontak, regu patroli ini berhenti.

Njenengan daleme pundi mbah? (anda rumahnya dimana kek?)”, tanya Suharto.

Celak lepen mriku pak (dekat sungai itu pak)”, jawab si Kakek.

Tanpa menunggu diminta, 3 orang petugas ini pun langsung membantu sang kakek mendorong gerobak hingga ke rumahnya.

Matur nuwun pak nggih, mboten pinarak rumiyin ? (terima kasih pak, tidak mampir dulu ?”, ucap sang Kakek.

Matur nuwun mbah, niki badhe dateng Dam Kranding (terima kasih mbah, ini mau ke Dam Kranding)”, jawab Suharto.

Hal kecil yang dilakukan oleh petugas Polsek Pogalan ini merupakan wujud dan implementasi gerakan kepedulian yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si melalui program “Polisi Peduli Sesama” atau P2S.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password