Konsisten dan tak Pernah Bosan Berikan Rasa Aman Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Mengamati kerja Polisi dipagi hari ternyata cukup menyenangkan sekaligus membanggakan. Bangga, kita punya Polisi yang tanpa lelah setiap pagi berdiri di jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bangga, kita punya Polisi yang tak pernah bosan memberikan rasa aman dan nyaman.

Langit mendung masih menggayut di langit Trenggalek, sementara jam sudah menunjukkan pukul 6 lebih 15 menit. Para petugas sudah berdiri tegak di tengah jalan sambil sesekali meniup peluit mengatur lalu lintas. Belum begitu ramai karena masih pagi. Bahkan mungkin sebagian masyarakat baru akan mempersiapkan diri bekerja.

Lima belas menit kemudian, jalanan sudah mulai dipadati kendaraan. Sepeda motor dan mobil saling berebut berada terdepan. Beberapa diantaranya tancap gas dengan kecepatan cukup kencang tanpa mempedulikan pengguna jalan lainnya, seolah waktu berjalan sangat cepat atau mungkin takut terlambat masuk kantor.

Pada saat yang sama, Polisi melihat kepadatan arus lalu lintas merupakan suatu bentuk kerawanan cukup tinggi atau bahasa kerennya police hazard, yakni sebuah situasi yang membutuhkan kehadiran Polisi.

“Banyak anak sekolah yang menyeberang jalan, kalau tidak hati-hati bisa bahaya”, ujar salah satu Polisi di simpang tiga lapangan Nglongsor Kecamatan Tugu.

Polisi tak tinggal diam, selain harus mengatur padatnya arus lalu lintas, mereka harus pula menyelamatkan anak-anak sekolah dari ancaman kecelakaan. Mereka rela menjadi benteng bagi anak-anak ini.

Terlihat remeh memang, namun dibalik itu semua ada tindakan sederhana yang bernilai manfaat bagi masyarakat luas

63f1a4d6-9c3a-4191-9773-bd214fcf6872 99a0ab4c-0eb2-4029-ae0d-0fe7ca98cde1“Lebih aman, kami gandeng dan antarkan hingga ke depan sekolah”, ucap petugas Polsek yang sedang bertugas di simpang empat Ponpes Qomarul Hidayah Tugu.

Hal yang sama juga terlihat di depan SMPN 1 Kampak.

“Butuh kesabaran tingkat dewa menghadapi pengguna jalan. Keselamatan adik-adik ini harus diutamakan”, ujar petugas dari Polsek Kampak ini.

Tak hanya terhadap pelajar, kepada masyarakat lainnya pun Polisi melakukan hal yang sama. Seperti yang terlihat di jalan raya Kecamatan Watulimo. Petugas membantu menyeberangkan seorang nenek yang menggedong dagangannya. Demikian pula di simpang empat Bendorejo Pogalan, Polisi juga membantu menyeberangkan seorang ibu dengan sepeda penuh barang belanjaan.

Terlihat remeh memang. Ah itu kan memang pekerjaan Polisi. Namun dibalik itu semua ada tindakan sederhana  yang bernilai manfaat bagi masyarakat luas.

Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si dalam setiap kesempatan selalu menekankan tentang arti penting sebuah kepedulian.

“Peduli berangkat dari hati nurani. Dari peduli akan tumbuh simpati dan empati”, tandasnya.

Penulis : Ady

Editor : Kang Iqbal

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password