Kapolres Blora Beri Arahan Bhabinkamtibmas Tentang Aplikasi E-Bhabinkamtibmas

tribratanews.polri.go.id – BLORA, Situasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat memang nyaris membuatnya tak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dan hal itulah yang disebut degan teknologi informasi (IT). Istilah teknologi informasi sendiri bisa dimaknai sebagai teknologi apapun yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebàrkan informasi. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, Polda Jateng baru-baru ini meluncurkan  Aplikasi Sistem Management Informasi Laporan Elektronik (SMILE POLICE).

DSC_0010Aplikasi ini bisa diakses melalui Hp android dengan terlebih dahulu mendownload aplikasinya. Karena itulah, terkait hal ini Kepolisian Resor Blora melaksanakan kegiatan sosialisasi Aplikasi Smile Police yang merupakan terobosan kreatif dari Polda Jawa Tengah. Bertempat di halaman apel Polres Blora, sosialisasi kepada para anggota Bhabinkamtibmas seluruh Polsek jajaran dipimpin langsuing oleh Kapolres Blora AKBP Surisman SIK,MH. Rabu (08/02/17).

Hadir dalam acara sosialisasi itu, seluruh jajaran anggota Polres Blora termasuk para pejabat utama, Kapolsek, Kabag serta Kasat di kesatuan Polres Blora. Dan dalam sambutannya, Kapolres Blora menyampaikan bahwa aplikasi tersebut merupakan langkah menuju Polri yang profesional, modern dan terpercaya. Yakni sesuai dengan Program Kapolri Jendral Tito Karnavian. Yang mana dalam aplikasi tersebut berisi program antara lain E-Learning, E-Bhabin dan Trust, E-Complaint, Panic Button, E-Office dan Public Service. “Smile Police ini adalah upaya dari Polda Jateng untuk memberikan bentuk pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

Sebab seiring semakin berkembangnya teknologi, maka masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mengakses berbagai informasi dan pelayanan lain dari pihak kepolisian, Karena itulah, selain kita sosialisasikan secara internal, berikutnya akan kita sosialisasikan secara lebih luas lagi di masyarakat. Sehingga masyarakat benar-benar bisa memanfaatkannya dengan baik,” terang Kapolres.

Kapolres juga menambahkan bahwa dengan menargetkan para anggota Bhabinkamtibmas  sebagai ujung tombak serta mata dan telinga pimpinan di wilayah, maka hari ini seluruh anggota Bhabinkamtibmas dikumpulkan untuk menerima arahan tetang aplikasi E-Bhabinkamtibmas dan Panic Button.

DSC_0015Polisi harus bisa mengikuti perkembangan jaman, dan khusus untuk saat ini, di mana perkembangan teknologi semakin pesat, maka anggota polisi juga harus bisa mengikutinya, sebagia bagian dari bentuk pelayanan kepada masyarakat. Karena itulah, kapolres menekankan agar seluruh anggota polisi khususnya Polres Blora, harus melek teknologi. Tujuannya agar mereka tidak sampai teringgal dengan perkembangan teknologi yang ada di masyarakat serta mampu melakukan soasialisai program Kepolisian berbasis teknologi informasi kepada masyarakat.

“Polisi tidak boleh gagap teknologi. Apalagi di jaman seperti sekarang ini. Karena semakin ke depan, segala sesuatu akan dikendalikan oleh teknologi. Jadi bila kita sampai gagap teknologi, maka akan tertinggal jauh. Dan hal itu akan mengganggu kinerja sebagai pelayan masyarakat,” sambung kapolres.

Sementara Kasatbimas AKP Sumaidi yang juga menjadi narasumber, terutama terkait salah satu system dalam Smile Police, yaitu E-Bhabinkamtibmas, menjelaskan bahwa terkait mekanisme kerja system ini. Di mana bila ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan masyarakat menggunakan aplikasi tersebut, maka akan terhubung dengan polisi terdekat. Dan apabila polisi yang terdekat itu tidak menanggapi, maka akan menyala warna merah yaitu menunggu.

Sedangkan apabila polisi terdekat memproses aduan tersebut maka akan menyala warna kuning yaitu proses kemudian. Dan apabila masalah tersebut sudah tuntas maka akan menyala warna hijau yang artinya tuntas. “Secara system, aplikasi ini terhubung langsung dengan GPS milik Polres dan Polda Jawa Tengah. Sehingga berbagai kegiatan yang dilakukan anggota di lapangan, maka akan langsung terpantau oleh pihak Polres dan Polda Jawa Tengah.

DSC_0037Dalam inti arahanya Kapolres blora AKBP Surisamn, SIK,MH menjelaskan mengenai smile Police sistem E-Bhabinkamtibmas, diharapkan agar seluruh anggota Bhabinkamtibmas memeiliki HP android bagi yang sudah memeiliki untuk segera mendownload aplikasi E-Bhabinkamtibmas.

Kapolres Blora menekankan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas agar mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing terutama aplikasi Panic Button yang sangat berguna bagi masyarakat apabila mengalami suatu kejadian emergency dan membutuhkan kehadiran Polisi segera.

Karena itulah, butuh sosialisasi intensif terkait penggunaan aplikasi ini. Agar ke depannya tidak sampai terjadi miskomunikasi. Sebab hal itu bisa mengganggu program yang telah susah paya diracang pimpinan untuk menumbuhkan kepercayaan dan citra Polri di mata masyarakat,” pungkasnya. (@polresblora.com)

Admin Polri55507 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password