Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap Tambah Perkuatan Sebuah Kapal Patroli C3

Tribratanews.polri.go – Kepala Kepolisian Resor Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK menyerahkan penggunaan kapal Patroli Speed Boat Kamtibmas kepada Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap Selasa (7/2/2107).

Acara penyerahan kapal dilaksankan di kantor penyebrangan Seleko Cilacap dengan dihadir oleh perwailkan dari TNI AL, Dishubkominfo, pejabat utama Polres Cilacap, Kapolsek jajaran kota Cilacap dan para perwira staf Polres Cilacap.

Kapal yang diserahkan penggunaan nya merupaka kapal petroli jenis C3 dari Baharkam Mabes Polri .

Kapal Patroli jenis ini mempunyia panjang 6 meter dengan lebar maksimal 3 meter, mampu melaju dengan kecepatan maksimal 20 knot dengan jumlah maskimal penumpang 4 orang.

Mesin penggerak menggunakan mesin bensin tempel 85 HP dengan tangki BBM bisa memuat hingga 300 liter.

Dengan spesifikasi tersebut kapal patroli ini bisa digunkan untuk berpatroli di sungai sungai kecil dan dangkal serta mampu juga digunkan di laut lepas.

Dalam sambutanya Kapolres mengatakan bahwa Kabupaten Cilacap yang memilik wilayah perairan dengan panjang pantai 100 kilo meter, terbentang mulai dari barat yang berbatasan dengan wilayah Pengandaran dan sebelah timur berbatasan dengan wilayah Kebumen sangat membutuhkan sarana kapal patroli untuk bisa menjangkau wilayah tersebut.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa dengan tambahan kapal patroli C3 ini diharapakan bisa membatu dalam pelaksanaan tugas di wilayah perairan Cilacap yang terdiri dari pantai dan sungai.

“ Kapal jenis ini nantinya bisa digunkan untuk patroli lebih jauh masuk kedalam wilayah perairan Nusakambangan” tambah Kapolres.

Di akhir sambutanya Kapolres berharap sarana patroli yang telah diberikan hendaknya bisa dipakai semaksimal mungkin untuk optimalisasi pelaksanaan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah perairan Cilacap.

Sebagai simbol penggunaan Kapal patroli tersebut diserahkan replika kunci dari Kapolres Cilacap yang diterima oleh Kasat Polair AKP Huda Syafii.

Selain itu juga dilaksanakan acara tradisi pemecahan kedil pada badan kapal sebagai tanda penggunaan kapal Patroli oleh Kapolres Cilacap.

(Humas Polres Cilacap)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password