Jangan Racuni Anak-Anak dengan Jajanan Berbahaya

bfa4ba43-2511-4251-b585-f93f4995edb2

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Siang itu Wakapolsek Kampak, Iptu Kasmari, SH bersama Kasihumas, Aiptu Suwarno melaksanakan tugas rutin patroli keliling wilayah dengan sasaran pelajar dan pedagang kaki lima atau yang menjual jajanan anak di seputaran sekolah.

Sebuah hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan menunjukkan hampir separuh atau 44 persen jajanan anak yang dijual pedagang kaki lima tidak sehat dan mengandung zat adiktif. Serta ada 4 jenis daftar jajanan anak yang berbahaya .

Jajanan pertama yang sering dijumpai yakni segala olahan es. Bahan baku olahan makanan yang berasal dari es balok yang dijual pedagang kali lima biasanya berasal dari air mentah dan tidak tahu pasti sumber airnya dari mana. Kedua adalah sirup. Sirup yang dijual pedagang kaki lima biasanya mengandung zat pewarna dan pemanis. Ketiga jajanan yang sering dibeli anak-anak adalah jeli. Sama seperti sirup, jeli juga memiliki kandungan zat pewarna serta pemanis yang berlebihan. Dan terakhir adalah bakso. Di beberapa media sering kita baca bakso ditambahkan zat pengenyal maupun pengawet meliputi borax dan formalin.

Hasil penelitian tersebut diatas tentu harus disikapi dengan cerdas.

“Tugas Polisi adalah mengantisipasi dan mengingatkan anak-anak serta para pedagang agar tidak berbuat curang karena korbannya adalah anak-anak kita juga,” ujar Kasmari.

Disela-sela patroli Kasmari juga menyampaikan pesan Kamtibmas agar jangan sampai menjual makanan yang tidak terjaga kesehatan dan kehigienisannya.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password