Aktif Patroli ke Pasar Tradisional, Dapat Hadiah ‘Tiwadak’

tiawadak1 tiawadak2

Saat sedang melaksanakan patroli di daerah Pasar Kalindo Banjarmasin, anggota patroli PNBP regu 2, yagn dipimpin Ipda Jody Dharma, mendapat buah ciwadak khas banjar yang mirip durian tapi bertekstur lembut serta memiliki cita rasa manis dan gurih. Pemberian buah khas Banjar ini sebagai bentuk apresiasi dari masyarakat atas kinerja Sabhara (Sahabat Baik Hati Rakyat)

Mengulas soal buah khas Banjarmasin ini, menurut anggota Bid Humas Polda Brigadir Yudha, bukan hanya daging buah cempedak saja yang enak disantap. Jika sudah mengupas buah yang bentuknya mirip nangka ukuran kecil ini, dan memisahkan buahnya, maka limbah atau kulitnya jangan dibuang dulu. Karena ternyata, kulitnya pun tak kalah lezatnya.

Di beberapa daerah di Kalimantan, kulit cempedak jadi kuliner khas yang tersohor kelezatannya. Bagaimana bisa? Ini cara mengolahnya.

“Diolah dengan resep sederhana, murah dan cepat, rasanya bisa berubah seperti daging ayam. Ini sudah menjadi makanan tradisional masyarakat Banjar yang tetap jadi favorit hingga saat ini,” ujarnya.

Cara mengolahnya, kupas kulit hijau atau coklat yang berduri tumpul itu, sehingga tinggal kulit daging pembungkus buah yang bentuknya seperti jerami. Potong sesuai selera, cuci bersih kemudian diremas hingga agak kering.

“Sampai di sini, campur dengan garam dan penyedap masakan secukupnya, diamkan sejenak, maka limbah buah cempedak ini sudah berubah menjadi bahan kuliner yang siap dimasak yang akrab disebut mandai,” ujar foto grapher Bhayangkari Polda Kalsel ini.

Memasak kulit cempedak atau mandai ini bisa digoreng seperti menggoreng daging ayam potong atau dioseng setelah dipotong kecil-kecil seperti tumis ayam dengan bumbu dasar bawang merah, bawang putih plus cabe merah.

“Kedua jenis masakan ini sama-sama menjadikan kulit cempedak berasa seperti daging ayam plus sangat membangkitkan selera,” ujarnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password