Kapolda Sumut Apresiasi Personil Bersinergitas

uptribrata.polri.go.id – Polda Sumut, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Wahab Saroni, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara apel bendera pada hari Senin (06/02/2017) dihadiri seluruh personil polda sumut di lapangan KS Tubun.

Upacara merupakan salah satu wujud tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan sebagai momentum untuk meningkatkan soliditas internal sekaligus mengevaluasi pelaksanaan tugas dan memberikan motivasi bagi peningkatan kinerja.

Sambutan Kapoldasu  yang dibacakan Irwasda, Kapolda Sumut memberikan apresiasi kepada personil polda sumut atas sinergitas yang baik, mulai dari ops lilin Toba 2016, gelar operasional, ops “Liong Toba” 2017 serta giat rutin lainnya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dengan kerjasama yang baik secara maksimal tanpa membedakan satker, sehingga  acara launching E-Policing di Medan yang dihadiri Kapolri dapat berjalan lancar dan sukses. Semoga aplikasi E-Policing “Polisi Kita” dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pelayanan Polda Sumut kepada masyarakat, kata Saroni.

Saat ini sedang berlangsung rakorwil polda pantai timur sumbagut dalam merumuskan berbagai permasalahan kamtibmas, yang menjadi issue disekitar pantai timur sumatera yaitu penyelundupan orang dan barang, peredaran gelap narkoba, penanganan kelompok radikal, terorisme dan intoleransi, joint patroli. Pemberdayaan masyarakat pesisir dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selanjutnya akan disusun naskah kerjasama kepolisian se-Sumbagut yaitu naskah “Sibolangit joint communique”.

Pada kesempatan itu, Irwasda Saroni menyampaikan arahan Kapolri pada saat rapim polri 2017 yakni :up 2

  1. Bijak Kapolri tentang peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media, agar terus diimplementasikan sesuai bidang masing-masing.
  2. Program promoter dengan 61 kegiatannya agar tetap dilanjutkan terutama pada peningkatan profesionalisme, harkamtibmas dan pelayanan publik.
  3. Tingkatkan pelayanan publik dengan membuat inovasi layanan berbasis IT, sehingga masyarakat dapat menjangkau pelayanan kepolisian secara mudah, murah dan tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.
  4. Agenda pilkada 2017 harus betul-betul aman, (pilkada 2017 di sumut ada dua yaitu kota T.Tinggi dan Kab. Tapteng).
  5. Lakukan upaya terobosan kreatif untuk pemenuhan kebutuhan rumah dinas anggota polri, karena saat ini baru 14% yang bisa diberikan oleh negara.
  6. Tingkatkan kualitas pelayanan rumah sakit polri, selain melayani anggota, juga dimanfaatkan untuk melakukan pendekatan untuk kepada masyarakat dengan buat kegiatan operasi bhakti kesehatan.
  7. Seluruh polda dan polres agar mendorong pemerintah daerah untuk pemasangan CCTV diruang publik (digital security), guna peningkatan harkamtibmas terutama untuk pengungkapan kasus.
  8. Terus lakukan upaya deradikalisasi untuk cegah terorisme, intoleransi dan kelompok makar.
  9. Dukung agenda pemerintah dengan fokus melakukan : saber pungli, stop penyelundupan, dukung target pajak, berantas mafia pangan dan karhutla.

Menghakhiri sambutannya, Saroni menyampaikan beberapa direktif untuk ditindaklanjuti yakni tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap pelaksanaan tugas. Tingkatkan profesionalisme sesuai dengan tupokasi masing-masing untuk mewujudkan polri yang promoter.Tingkatkan sinergitas baik secara internal maupun secara eksternal dengan stake holder terkait, untuk mewujudkan krukunan dan cegah intoleransi serta terorisme. Tindak tegas pelaku kriminal terutama pelaku pungli dengan prinsip “Bersihkan kedalam dan sikat keluar”.

Persiapkan pam pilkada kota T.Tinggi dan Kab. Tapteng dengan sebaik-baiknya. Laksanakan tugas dengan ikhlas dan tanggung jawab serta jaga kesehatan dan keselamatan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Penulis : M. Sinaga

Editor   : Kang Iqbal

Penerbit: M. Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password