Pemanfaatan Posyandu sebagai Sarana Penyampaian Pesan Kamtibmas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Apa yang ada dibenak kita jika melihat seorang Polisi (Bhabinkamtibmas) ikut berbaur dengan ibu-ibu PKK dan Posyandu? Mungkin sedikit aneh tapi itu benar-benar terjadi di Trenggalek. Adalah Bripka Siswanto, Bhabinkamtibmas Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Trenggalek yang rela datang ke Posyandu di desa binaannya.

“Tugas Bhabinkamtibmas itu luas, ya keamanan, ya sosial termasuk urusan Posyandu ini”, ujarnya seraya tersenyum.

Disela-sela tugasnya memantau Kamtibmas desa, ia masih menyempatkan diri bertemu dengan ibu-ibu dan anak balita mereka. Momen itu ia manfaatkan untuk berbincang berbagai hal. Siswanto menilai bahwa seorang ibu memiliki banyak waktu dan cenderung dekat dengan anak-anak mereka. Ia pun berpesan agar mengawasi pergaulan dan memantau perkembangan anak.

“Dewasa ini anak-anak rentan menjadi korban kejahatan. Ibu-ibu inilah yang paling berperan”, ucap Siswanto.

Siswanto juga membantu petugas Posyandu yang menempati balai desa ini menggendong dan bersenda gurau dengan anak-anak. Tentu saja, kehadirannya menjadi magnet tersendiri bagi anak-anak balita.

Di lokasi terpisah, seorang Bhabinkamtibmas Desa Pandean Kecamatan Durenan juga melakukan hal serupa. Ia juga hadir di tengah-tengah ibu-ibu Posyandu untuk membantu kelancaran serta sebagai upaya lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Apa yang dilakukan dua Bhabinkamtibmas ini merupakan implementasi dari jiwa peduli yang ditanamkan oleh AKBP Donny adityawarman, S.I.K, M.Si sejak menjabat sebagai Kapolres Trenggalek.

“Dari rasa tahu diri, tahu lingkungan akan menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi”, ucap Donny kala itu.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password