KARHUTLA : Tim Restorasi Gambut Provinsi Kalsel Sampaikan Visinya di Kabupaten Balangan

tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan selatan selama tahun 2015 dan 2016 menjadi atensi khusus bagi pemerintah, Upaya sejak dini dalam penanggulangan kebakaran yang diprediksikan akan terjadi di tahun 2017 ini membuat Tim Restorasi Gambut Provinsi Kalsel harus Turun ke wilayah – wilayah.

Sudah diketahui khalayak umum bahwa Asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan maupun lawan sudah menjadi bahaya Internasional, Sebab asap akibat kebakaran di indonesia sudah menyebar dibeberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, bahkan Negara singapura sudah membuat undang – undang yang mengatur tentang polusi asap yaitu Undang-Undang Polusi Asap Lintas Perbatasan (Transboundary Haze Pollution Act /THPA) yang disahkan parlemen Singapura pada 2014.

balangan1

Ketua TRGD provensi KalseL , Saut Nathan Samosir yang berkunjung di Kabupaten Balangan disambut oleh Bupati Balangan, H. Ansharuddin, M.Si, Kapolres Balangan Akbp. Moh. Zamroni, S.iK dan Dandim 1001 Amuntai Letkol Kav. Aria Sagita Saleh di aula Benteng Tundakan pemda Balangan.

Tim ini merupakan bentukan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor  telah memerintahkan  untuk membentuk Tim Restorasi Gambut  ditingkat Provinsi,
tim restorasi gambut  ditingkat  provinsi guna mempercepat program perbaikan lahan gambut, dan menghindari dampak negatif yang ditimbulkan “jelasnya

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK selaku kasatgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Balangan dalam kesempatan tersebut memaparkan kejadian kebakaran yang terjadi di Kabupaten Balangan pada tahun 2016 serta upaya – upaya yang telah dilakukan dalam penangganan bahaya kebakaran agar dapat diminimalisir bahkan tidak terjadi lagi.

Bupati Balangan juga menambahkan bahwa pengetahuan, pemahaman dan upaya restorasi gambut ini sangat dibutuhkan dibalangan karna sebagian lahan dibalangan ini juga gambut.”Kami berharap jika semua sama-sama memahami pentingnya restorasi gambut dan langkahnya maka bencana alam mampu dicegah dan sekaligus melestariakan fungsi dan potensi gambut dikabupaten Balangan”Pungkasnya.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password