Kapolri Resmi Luncurkan Aplikasi Pelayanan Polisi Kita Polda Sumut

tribratanews.polri.go.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta Menpan RI Asman, Kapolda Sumut Rycko Amelza Dahniel, dan Gubernur Sumut secara bersama sama resmi meluncurkan program aplikasi android Polisi Kita di Lapangan Merdeka Medan pada Minggu pagi (05/02/2017). Kegiatan tersebut turut dihadiri Waka Polda Sumut,Pejabat Utama Polda Sumut, Walikota Medan,Dan Lantamal, Muspida Sumut,  serta Tokoh Agama Sumut.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan tarian dari berbagai etnis Sumatera Utara. Dilanjutkan laporan Kapolda Sumut terkait peluncuran program aplikasi android pelayanan Polisi yang bernama Polisi Kita Sumatera Utara tentang pelayanan yang berbasis IT yang diikuti dari 27 Polres jajaran Polda Sumut dan 33 Kabupaten yang pertama kali di Indonesia.

Polisi Kita Sumatera Utara adalah aplikasi pelayanan publik yang bisa diakses seluruh masyarakat untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Pelayanan dapat diakses oleh masyarakat tentang tindakan kriminalitas yang terjadi dengan cepat dan akurat dan selanjutnya sambutan dari anggota DPRI Pusat Asrul Harahap yang sangat antusias dengan terobosan/ inovasi yang dibuat oleh Polda Sumut. 

“Saya berharap pelayanan yang berbasis IT tersebut dapat berjalan sangat baik dan dapat meningkatkan pelayanan Polisi kepada masyarakat Sumut.” ujar Asrul.

Sementara itu Gubernur Sumut  mengucapkan terima kasih dan bangga karena Polda Sumut membuat terobosan-terobosan yang baru tentang pelayanan publik yang dapat diakses oleh masyarakat Sumatera Utara.

Menpan juga mengatakan Polri telah membuat reformasi dengan membuat inovasi baru dari Polri yang merupakan Polisi Kita Sumut dengan membuat aplikasi fitur fitur pengaduan pelayanan publik, fitur pengaduan nasyarakat, Fitur saber pungli dan lain-lain.

“Semoga sistem ini terus ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja Polri sebagai pelayanan dan Penegakan hukum.” kata Gubsu dalam sambutannya.

Usai secara resmi meluncurkan san memperkenalkan aplikasi Polisi Kita Sumatera Utara kepada masyarakat Sumut, Kapolri mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut karena membuat aplikasi yang berbasis IT.

“Ini merupakan instruksi presiden untuk meningkatkan pelayanan publik dan program polisi kita agar masyarakat lebih mudah tidak perlu harus datang ke kantor polisi cukup mengklik polisi kita sudah dapat direspon oleh polisi Polda Sumut dan dengan cepat datang ke TKP.” ujar Kapolri.

IMG-20170205-WA0029

Peluncuran resmi aplikasi tersebut dilakukan pada pukul 9.30 wib. Kapolri didampingi Menpan, Gubernur Sumut dan Kapolda Sumut melaunching Polisi Kita Sumatera Utara yang berbasis IT yang dapat diakses melalui HP Android.

Polisi Kita Polda sumut adalah suatu aplikasi pelayanan terpadu berbasis android milik Polda Sumut yang terintegrasi dengan seluruh 27 polres diwilayah Polda sumut. Aplikasi Polisi Kita juga terintegrasi dengan Pemkab, DPRD, BNPT, BNN, Damkar dan Tokoh Masyarakat diseluruh wilayah hukum Polda Sumut.

Dengan memiliki aplikasi Polisi Kita Polda Sumut, masyarakat akan mendapatkan banyak kemudahan diantaranya:
Pertama, Melalui Fitur RESPON CEPAT – Polisi dalam genggaman. Masyarakat akan mendapat penjagaan polisi 24 jam non stop dimanapun dan kapanpun diwilayah hukum polda sumut. Masyarakat bisa melakukan pengaduan secara cepat kepada kepolisian jika mengalami gangguan kamtibmas.

Kedua, melalui Fitur PENGADUAN. “Semua permasalahan masyarakat bisa cepat tertangani. Baik masalah yg berhubungan dengan kamtibmas maupun permasalahan sehari-hari baik yg berhubungan dengan pelayanan public pemda maupun permasalahan kehidupan lainnya.” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting ketika menjelaskan aplikasi tersebut.

Ketiga, melalui Fitur AGENDA DAN BERITA. Dengan memiliki Polisi Kita dalam genggaman artinya memudahkan mendapat seluruh informasi diwilayah sumut. Mulai dari info kegiatan kepolisian di wilayah polda sumut, pemda, info jadwal penerbangan, kereta api dll.

Keempat, Melalui Fitur TOKOH MASYARAKAT. Masyarakat bisa memperoleh Tausiah atau bimbingan dalam menjalani hidup yang bahagia dll.
Kelima, Melalui Fitur CALL CENTER. Masyarakat dapat secara cepat menghubungi Polres diseluruh wilayah hukum Polda Sumut.

Keenam, Fitur CITY GUIDE. Didalam Polisi Kita terdapat fitur City guide yang berbasis location. Jadi seluruh warga sumut atau orang yg datang kesumut bisa mengetahui seluruh posisi Polres, polsek, pospol fasilitas umum sampai tempat wisata yg ada disumut. Contoh: Si A, datang ke medan kemudian pada aplikasi Polisi Kita menekan fitur City Guide dan memilih Tempat wisata. Maka secara otomatis, aplikasi Polisi Kita akan menampilkan posisi tempat wisata dari yg terdekat sampe terjauh dari posisi si A lengkap dengan panduan Google maps nya.

Ketujuh, terdapat Fitur SABER PUNGLI yg terkoneksi langsung kepada satgas saber pungli, sehingga masyarakat dengan mudah bisa melaporkan kejadian pungli diseluruh wilayah hukum Polda Sumut.

“Selamat datang diwilayah penuh kemudahan untuk warganya. Selamat datang di aplikasi inovasi Polda Sumut. Kami hadirkan pelayanan dan kemudahan terbaik untuk Warga Sumut. tutup Kombes Rina. (rico)

editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password