Jadi Narasumber Dalam Seminar, Kapolda Papua Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Pancasila

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menjadi narasumber dalam Seminar Dialog dan Toleransi, Mengolah Keragaman Agama Demi Tanah Papua Damai dalam rangka Memperingati Injil Masuk Ke Papua yang 162 tahun yang dilaksanakan di Hotel Sahid Papua Distrik Jayapura Selatan, Jumat (3/02/2017).

Seminar ini dihadiri oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Kapolres Jayapura Kota Akbp Tober Sirait dan 150 peserta seminar.

Dalam penyampaian materinya Kapolda mengajak masyarakat untuk menjaga keutuhan Pancasila dan Kebhinekaan dalam bermasyarakat, supaya tidak terjadi perpecahan antar umat beragama di Papua.

Setelah pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya – jawab. Dalam kesempatan ini para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber yang hadir dalam seminar.

Mewakili pemuda, Ketua DPD KFPI kota Jayapura Binkuni Karateker dalam kesempatan tersebut menanyakan tentang langkah-langkah yang sudah dilakukan Kapolda dalam rangka mengawal kebijakan Gubernur tentang peredaran miras.

Menjawab itu Kapolda mengatakan, minuman keras ada dua sumber, sumber pabrikan dan non pabrikan. Sumber pabrikan itu aturannya sudah jelas, Pemerintah punya tanggung jawab dan urusan. Dari kopian yang diterima dari Mendagri bahwa Perda yang dibangun Gubernur dibatalkan.

“Karena itu semua sudah melalui penilaian yang diberikan oleh pemerintah. Bahasa gampangnya kita tutup saja pabriknya semuanya selesai, tetapi ini diatur dengn alasan dan dasar-dasarnya sendiri. Kami dari Kepolisian tidak bisa intervensi banyak kedalamnya, untuk urusan minuman pabrikan antara pemerintah dengan pemerintah. Tetapi yang fokus kami kejar adalah minuman yang non pabrikan atau minuman lokal  karena jauh lebih berbahaya dan tidak ada ukurannya tentang metanol dan alkoholnya. Gula 50 kg saja bisa diolah menjadi milo, kata kuncinya pemerintah harus mampu menangani barang ini,” jelas Kapolda.

Jadi Narasumber Dalam Seminar, Kapolda Papua Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Pancasila

Sementara itu, perwakilan dari Ikatan Gereja Pantakosta di Tanah Papua pendeta Paulus Laosay mengatakan paham radikal mengancam kebhinekaan. Semua masyarakat rindu bahwa Papua ini betul-betul menjadi Tanah Damai, dalam beberapa minggu ini ada modus suntikan keracunan di jalan dan meminta penjelasan mengenai hal tersebut.

Menyikapi hal tersebut Kapolres Jayapura Kota mengatakan, memang benar adanya kejahatan modus suntik yang mana sampai hari ini ada dua kasus dan kedua kasus sudah ditangani serius namun memang sampai sekarang pelakunya belum terungkap, tetapi pihak Kepolisian terus melakukan razia mencari informasi mendalam sampai Kapolda ikut bergabung dalam Razia.

“Artinya adalah kita serius betul menangani kasus ini, sampai bapak Kapolda memanggil saya beberapa kali untuk mempertanyakan kasus itu. Polda dan Polres sudah membentuk tim khusus gabungan dari Polda dan Polres untuk menangani kasus ini, mohon doa dan dukungannya agar kasus ini bisa terungkap di tengah tengah kota ini,” ujar Kapolres.

Penulis    : Rein

Editor      : Kang Iqbal

Publish    : Rein

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password