Sat Binmas Polres Banyumas Beri Pembekalan dan Pembinaan Anggota Linmas

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Untuk meningkatkan kapasitas anggota Linmas, Sat Binmas Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah mengadakan pembekalan dan pembinaan pengamanan swakarsa dalam hal ini Linmas sekitar rel kereta api.  Kegiatan digelar di Balai Desa Karanglewas Lor Kec. Karanglewas Kab. Banyumas, Jumat ( 3-2-2017 ).

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kasat Binmas AKP Kusnadi, S.H menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

AKP Kusnadi, S.H dengan didampingi oleh Kanit Kamsa Iptu Suparno dan anggota Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan pemerintah desa setempat untuk mengadakan pembinaan terhadap anggota linmas Desa Karanglewasor Kec. Karanglewas.

Dalam pembinaan dan pembekalan tersebut, Kanit Kamsa Iptu Suparno menyampaikan materi-materi tentang tugas pokok linmas diantaranya sebagai pengamanan swakarsa serta perlindungan serta kenyamanan masyarakat.

Linmas adalah Satuan Perlindungan Masyarakat yang mempunyai tugas mendukung penanganan masalah ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungannya. Selain itu, Linmas juga berfungsi membantu terciptanya kondisifitas dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan sosial di lingkungan desanya.

 

Penulis : Sukiyah

Editor : Kang Ikbal

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password