Satuan Sabhara Polres Sidrap Perketat Pemeriksaan Barang Bawaan Tahanan

Tribratanews.polri.go.id, Sidrap Sulsel – Mencegah tahanan kabur seperti yang terjadi di Polda Metro Jaya Maupun di Polres Balikpapan beberapa waktu lalu, Satuan Sabhara Polres Sidrap memperketat penjagaan tahanan maupun para pembesuknya, Itu terlihat dari peningkatan pemeriksaan rutin setiap hari diberlakukan.

Selain itu, Polres juga melibatkan personil polisi wanita (polwan) untuk memeriksaan semua barang bawaan pembesuk tahanan. Sebab, mayoritas pembesuk adalah ibu-ibu rumah tangga yang keluarganya menjalani masa tahanan.

“Setiap jadwal besuk, petugas Tahti (tahanan dan barang bukti) maupun sabhara memeriksa barang bawaan pembesuk. Ada dua petugas tahti yang berjaga dalam 24 jam dan lima orang anggota sat sabhara berjaga di penjagaan SPKT guna memeriksa terlebih dahulu barang bawaan para pembesuk,” ungkap Kasat Sabhara AKP Galigo kepada tribratanewspolressidrap.

“Sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP), seluruh pembesuk akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas untuk memeriksa barang bawaan. Tujuannya untuk mengantisipasi senjata tajam (sajam) maupun benda-benda berbahaya lainnya masuk ke ruang tahanan. Selain itu, pembesuk juga dilarang membawa sarung untuk para tahanan guna menghindari digunakanya sebagai alat untuk melarikan diri maupun bunuh diri ” Lanjut Galigo

“Makanan yang dibawa para pembesuk juga diperiksa satu-satu oleh petugas, jangan sampai ada yang bawa makanan dalam panci kemudian di dalamnya ada senjata tajam,” jelasnya.

Sejak dulu, lanjutnya, di dalam ruang tahanan hanya ada baju yang melekat di tubuh para tahanan. Ia menambahkan jika para tahanan melakukan sholat, mereka sholat menggunakan celana pendek. Selain itu, handphone juga tidak diperkenankan masuk ruang tahanan.

“Di ruang tahanan ini, ada enam kamar, empat kamar untuk tahanan laki-laki dan dua kamar untuk tahanan perempuan, ukuran masing-masing kamar 4×4 meter dengan kapasitas masing-masing kamar dihuni tiga tahanan ” Papar Galigo

“Kami berharap, kaburnya beberapa orang tahanan di Polres lain dapat dijadikan pelajaran oleh Polres Sidrap dan personil yang jaga agar tetap senantiasa tak bosan – bosannya memeriksa barang tahanan baik yang ada di dalam rutan maupun barang yang akan masuk ” tutup Galigo (cl_28)

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password