Efektifitas Patroli Bersepeda dalam Menjaga Kondusifitas Kamtibmas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Salah satu tugas pokok dan fungsi Satsabhara adalah melaksanakan patroli, berkeliling wilayah untuk antisipasi gangguan Kamtibmas. Ada beberapa metode patroli yang biasa dilakukan, seperti patroli jalan kaki, patroli menggunakan kendaraan bermotor dan patroli bersepeda.

Nah, khusus patroli bersepeda ini memiliki beberapa sisi positif dibanding dengan metode lainnya. Diantaranya adalah patroli bersepeda mampu menjangkau setiap sudut jalanan, fleksibel masuk gang, dan lebih familier dengan masyarakat. Petugas patroli dapat berhenti dimana saja dan kapan saja sambil melakukan dialog dengan masyarakat yang dijumpainya untuk menyerap segala informasi secara langsung. Hal ini cukup efektif dalam rangka menciptakan kondusifitas wilayah. Peluang inilah yang dilihat oleh Kasatsabhara, AKP Rudi Purwanto, SH.

“Patroli bersepeda efektif untuk jarak pendek dan lebih bisa menjangkau semua lingkungan masyarakat, biar anggota lebih sehat juga sekalian olahraga”, ujar perwira yang dikenal trengginas ini.

Setiap harinya dijadwalkan 4 orang petugas untuk melaksanakan patroli bersepeda secara bergantian. Petugas pun dilengkapi dengan sarana layaknya olahraga bersepeda, helm khas berbentuk lonjong, dan air minum kemasan yang dimasukkan dalam tas kecil di belakang sadel sepeda. Ipda Cikini, SH, Kanit Patroli Satsabhara yang ditemui pada saat dialogis dengan warga di seputaran pasar Pon Trenggalek menyatakan, masyarakat mengapresiasi patroli ini, meskipun bukan barang baru, tapi mereka tetap terkesan dengan terobosan Polri dalam menjaga Kamtibmas.

Sasaran patroli bersepeda pun masih dalam lingkup kota Trenggalek khususnya tempat keramaian, pusat perbelanjaan dan pemukiman penduduk. Jarak yang harus petugas tempuh mencapai 10-15 km. Lumayan jauh, tapi dibalik itu semua ada kebanggan tersendiri. Sambil istirahat petugas dapat dengan mudah menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas agar masyarakat merasa lebih dekat dengan Polri.

“Ini sebagai komitmen kami bahwa negara hadir di tengah masyarakat,” ungkap Rudi bersemangat.

Selain objek vital, pemukiman warga juga tak luput dari sasaran objek patroli jajaran Polres Trenggalek. Hal ini untuk menghindari beralihnya tindak kejahatan dari situasi wilayah ramai ke wilayah yang sepi seperti pemukiman warga yang kemungkinan dalam keadaan kosong.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si juga menghimbau warga agar menjadi Polisi bagi dirinya sendiri.

“Apabila meninggalkan rumah pastikan dalam keadaan aman dan terkunci”, ujar Donny.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password