TEROBOSAN KREATIF BIRO SDM : Kajian Ilmu Fiqh tentang Sujud Sahwi

IMG-20170203-WA0068

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi – Malam ini Jumat (03/02) sekira pukul 18.30 WIB kembali dilanjutkan pelaksanaan pembinaan rohani tambahan kepada siswa didik SPN Jambi yang mana pada malam ini telah memasuki malam yang ke 34 sejak mulai dilaksanakannya terobosan kreatif Biro SDM.

Pada malam ini terhadap siswa yang beragama Islam kegiatan diisi dengan kajian Ilmu Fiqh dengan tema Sujud Sahwi yang disampaikan oleh Ust. Adam Al Haviz pengasuh Pondok Pesantren Wadi Muqodas.

Pada bahasannya Ust. Adam membahas tentang mengapa dan kapan dilaksanakan Sujud Sahwi,
Ust. Adam menyampaikan bahwa “Sujud Sahwi adalah merupakan dua sujud yang dilakukan oleh orang yang shalat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi di dalam shalatnya karena lupa.
Ada 3 sebab dilakukannya Sujud Sahwi yaitu Pertama, menambahkan sesuatu didalam sholat (az-ziyaadah), Kedua, Menghilangkan sesuatu didalam sholat (an-naqsh), dan yang ketiga, ada keragu-raguan dalam sholat (asy-syak).”

“Adapun cara mengerjakan Sujud Sahwi dilakukan dengan dua kali sujud sebelum salam atau sesudahnya oleh seseorang yang sedang shalat” Ust. Adam menjelaskan.

Ust. Adam juga menyampaikan bahwa Nabi SAW juga pernah lupa di dalam shalat. Hal ini seperti yang Beliau sabdakan yang artinya
“Saya ini hanyalah manusia biasa, saya juga lupa sebagaimana tuan-tuan lupa. Oleh sebab itu jika saya lupa, maka ingatkanlah!”

Terhadap siswa didik yang beragama Kristen kegiatan diisi dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh Rohaniawan SPN Bripka Lodwig dengan tema ” jangan lupa libatkan Tuhan dalam perencanaan”.

Karo SDM Polda Jambi melalui Kabagwatpers AKBP H. Herman, SH mengatakan bahwa “kegiatan pembinaan rohani tambahan terhadap siswa didik SPN Jambi ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa calon Pers Polri sehingga pada saat pelaksanaan tugas mereka nantinya tetap berada dalam norma2 dan kaedah2 yg ada sehingga mereka bisa menjadi contoh dan tauladan ditengah2 masyarakat”. Jelasnya.

Penulis/publish : Lilik Adhi

Editor : Kang Iqbal

“Terobosan Kreatif Biro SDM: KAJIAN ILMU FIQH TENTANG SUJUD SAHWI” http://www.tribratanewsjambi.com/2017/02/terobosan-kreatif-biro-sdm-kajian-ilmu.html

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password