Catatan Kang Iqbal : Jangan Sampai Masyarakat Hilang Kepercayaan

fotoku

fotoku

tribratanews.go.id senin ( 12/12/2016) Amanah dari Eks Kapolri Jenderal (purn) badrodin Haiti kepada seluruh Jajaran Humas pada rakernis fungsi humas tahun 2015 di gedung Rupatama Mabes Polri (26/05/2015),  menjadi sebuah amanah bagi jajaran Humas Polri, ” Jangan Sampai Masyarakat kehilangan Kepercayaan” adalah sebuah catatan dan pesan Kapolri sebagai suatu hasil analisis dampak perubahan sosial masyarakat yang dinamis terkait perkembangan media social yang nyata nyata mampu menjadi salah satu kekuatan dalam sebuah perubahan dan pencapaian tujuan, menambah sarana penyebaran dan bertukar informasi, merubah pola interaksi sosial, cara berkomunikasi, mengubah dengan cepat perilaku dan gaya hidup serta mampu  membuat Polri tidak berdaya dalam mempertahankan reputasi karena terbangunnya opini negative public secara massif, sehingga ekspektasi public dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri menurut survey IMM (Intelejen Management Media) turun pada titik terdasar kurun waktu 5 tahun  terakhir saat itu.

Belajar dari Ketidak berdayaan Polri keluar dari krisis saat itu dan tekanan publik yang terbangun melalui sebuah bangunan opini yang dimunculkan melalui Media tergambar akan ketidak mampuan Polri dalam counter opini negatif di media social yang secara masif opini negatif menyerang Polri ketika  pencalonan pak BG, begitu pula Polri di tengah persimpangan ketika terjadi friksi cicak dan buaya jilid 2, seakan apa yang telah di lakukan Polri, teropini merupakan rekayasa Polri dan gelombang spiral Media Sosial pun seakan tidak terhenti tatkala gelombang media sosial telah mempu mempengaruhi sebuah keputusan proses peradilan “NB” dan seolah menempatkan “Opini telah mengalahkan hukum sebagai Panglima dalam penegakan hukum di negeri ini”

Dalam amanatnya pun Jenderal Badrodin Haiti memberikan contoh lain bagaimana Opini di media social terbangun dan dapat memutar balikkan fakta yang sebenarnya terkait tindakan diskresi Polri dalam persoalan pengawalan Rombongan mobil mewah Lamborgini oleh Polisi dengan maksud agar Kelompok mobil mewah itu tidak liar di jalan dan mengganggu pemakai jalan lain,  justru opini yang timbul dan terbangun adalah “Kalau orang kaya, melanggapun di kawal” kesemuanya itu  timbul sebagai akibat publik menerima pesan tidak berimbang dan misi polri tidak di terima secara utuh , karena Mainset yang telah terbangun dan tertanam  oleh media massa terkait rillis berita Polri kepada publik terfokus pada pemberitaan keburukan polri, sedangkan usaha, kegiatan dalam mencapai keamanan warga masyarakat dianggap hal yang biasa dan tidak menarik untuk di publikasikan sebagai efek spiral sebuah pemberitaan, sehingga muncul istilah Bad news is good news bagi media, Hal ini dimaksudkan bahwa apabila informasi yang diterima publik salah, maka apapun keberhasilan yang telah dicapai Polri tetap saja terbangun opini publik yang negatif terhadap Polri,

Berbicara Opini publik terhadap institusi Polri apakah positif atau negatif, tentunya tidak hanya tergantung kepada bagaimana Polri dalam melaksanakan tugasnya selalu profesional , proporsional dan akuntabel serta sesuai harapan publik, akan tetapi juga tergantung pada bagaimana publik menerima informasi tentang apa yang dilakukan Polri dan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai Pori dalam pelaksanaan tugasnya, karena pada hakekatnya stabilitas kamtibmas tidak dengan sendirinya terjadi,

Lantas pertanyaannya adalah kekosongan rillis kegiatan, tindakan, upaya, optimalisasi yang dilakukan Polri  itu siapa yang akan mempublikasikan? Jawaban nya Polisi lah yang harus mempublikasikannya yaitu dengan mengolah dan mengelola berita sendiri dalam skala daerah, nasional atau bahkan internasional dengan memanfaatkan sumber daya yang sangat melimpah di polisi ini,dengan kata lain bila seluruh jajaran Polri dan sumberdaya yang sangat melimpah dari sabang hingga merauke mampu dan dapat mengemas dan memberikan informasi dengan baik kepada masyarakat dan berita nya pun masuk dalam wilayah public maka sekecil apapun keberhasilan yang dicapai Polri akan dapat membangun opini publik yang positif terhadap Polri

“Jika Polisi tidak aktif di social media, yang lain akan mengisi kekosongan itu” Hakekatnya Polisi sangat diuntungkan adanya keberadaan media sosial, maka polisi harus dapat mengambil keuntungan itu sebagai media efektif dan efisien Polri harus respek terhadap kekuatan medsos dan  memberdayakan medsos sebagai suatu kekuatan sekaligus strategi untuk menyampaiakn informasi secra berimbang, menjaring aspirasi dan harapan masyarakat  terhadap polru, sekaligus Pori dapat memanfaatkannya untuk mencounter berita berita negatif sebagai media setting pihak pihak yang cenderung bayak memojokkan Polri.

Saat ini, data terakhir dari Intelejen Manajemen Media , persepsi , sentiment dan ekspektasi public terhadap Polri meningkat tajam yaitu 62% berita positif  tentang Polri di terima oleh publik , hal ini adalah sebagai jalan dalam upaya Polri terus mendapatkan kepercayaan masyarakt, Hal inipun tidak serta merta terjadi dengan sendirinya, selain secra kutural dan structural Polri mulai berbenah, juga sebagai dampak proaktifnya humas Polri menyikapi perkembangan media social, dan salah satunya dengan membangun garda pemberitaan Polri melalui sebuah Portal web. Tribratanews, sebagai implementasi menyikapi catatan dan pesan mendalam dari Kapolri, upaya penguatan fungsi humas Polri dalam membangun opini public melalui jurnalisme modern Polri setidaknya menjadi catatan dan lompatan terbaik yang dilakukan oleh humas Polri sehingga tidak memerlukan waktu yang lama, opini positif public mulai terbangun kembali,

Hakekatnya Opini publik yang positif sangat diperlukan institusi Polri dalam menjalankan tugas pokoknya, hal ini dikarenakan opini publik yang positif akan membentuk citra Polri yang positif pula, yang pada akhirnya outputnya adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Dengan meningkatnya kepercayaan tersebut, impact nya masyarakat mau bekerjasama dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan tugas Polri,

( Kang Iqbal96)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password