Latih Bhayangkara, Polres Bontang Polda Kaltim Sambi Sosialisasikan Penerimaan Polri

tribratanews.polri.go.id  POLDA KALTIM – Dalam rangka melakukan Pembinaan Generasi Muda khususnya para Pelajar dan Pramuka, Kepolisian Sektor Muara Badak hari ini melalui Bhabinkamtibmasnya melakukan Sosialisasi tentang Pramuka Satuan Karya Bhayangkara kepada Pelajar SMAN I Muara Badak.

Dalam kesempatan Sosialisasi tersebut, Bhabinkamtibmas Desa. Tanjung Limau Briptu Chandra. W menjelaskan bahwa dalam rangka Pembinaan terhadap Pelajar, Polres Bontang melalui Polsek Muara Badak melakukan  pembentukan dan Bimbingan tentang Pramuka Saka Bhayangkara.

Mengingat Tugas Pokok Polri diantaranya melakukan Pembinaan dan Bimbingan terhadap Generasi Muda baik yang masih Sekolah ataupun Tidak Sekolah, sedangkan Pramuka Saka Bhayangkara berinduk pada Kepolisian, maka Pramuka Saka Bhyayangkara dalam mendidik dan melakukan Pembinaan tidak berpatokan pada Aturan Kepramukaan dan Kesakaan, yang menjelaskan bahwa anggota Pramuka Saka terdiri anggota Pramuka Penegak yang telah aktif dalam Pramuka di Ambalan atau Gugus Depan masing-masing, akan tetapi melakukan Pembinaan kepada semua Generasi Muda yang mau bergabung pada Pramuka Saka Bhayangkara, tentang Ilmu Kepramukaan dan Kesakaan akan dipelajari bersamaan mempelajari Pengetahuan Kebhayangkaraan disetiap Latihan, jelas Chandra.

Kapolsek Muara Badak Akp Winaryo melalui Kasubbag Humas Iptu Suyono menjelaskan bahwa dalam kegiatan Pramuka Saka Bhayangkara para Generasi muda baik yang masih Sekolah ataupun yang sudah tidak sekolah dan yang aktif dalam Kepramukaan ataupun belum masuk Pramuka, akan mengenal 4 (empat) Krida dalam Pramuka Saka Bhayangkara terdiri Krida Lalu Lintas disingkat (Krida Lantas), Krida Pengenalan Tempat Kejadian Perkara disingkat (Krida PTKP), Kridan Ketertiban Masyarakat disingkat (Krida Tibmas) dan Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana disingkat (Krida PPB).

Pada dasarnya semua anggota Pramuka Saka Bhayangkara akan mempelajari tentang Pengetahuan Kebhayangkaraan yang dilanjutkan dengan Ilmu Krida secara bergantian dan berkelanjutan, sehingga kelak sudah 3 tahun atau minimal 2 tahun aktif menjadi Anggota Pramuka Saka Bhayangkara, mereka sudah menguasai secara keseluruhan ilmu Kebhayangkaraan dan Krida-Kridanya, tambah Suyono.

Dengan bermodalkan Disiplin dan Ilmu Pengetahuan tentang Pramuka Saka Bhayangkara dengan ditunjang kesiapan secara spiritual, mental, kesehatan, intelegensi dan fisik, kelak bila kepingin bergabung menjadi Anggota Kepolisian bisa langsung mendaftar dengan Persyaratan yang telah ditentukan, dan tidak dipungut beaya alias Gratis, imbuh Suyono.

ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menuturkan ” kegiatan ini untuk mendekatkan diri pada masyarakat , sehingga masyarakat merasa aman karena sudah ada polisi di sekelilingnya” tutup Kombes Pol. Ade Yaya Suryana.

Humas Polda kaltim*

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password