Rapim Polda Sulsel Fokuskan Pengamanan Pilkada Takalar dan Harkamtibmas

Tribratanews.polri.go.id, Makassar Sulsel – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Irjen Pol. Drs Muktiono SH, MH membuka langsung Rapat Pimpinan (Rapim) Polda Sulsel 2017 yang dilaksanakan di Aula Aninditha Polda Sulsel. Rapim Polda Sulsel dihadiri oleh Kapolres, Kabag Ops dan Kasat Intelkam jajaran Polda Sulsel, Kamis (2/2/2017).

Dengan tema “Polda Sulsel yang Promoter, Siap mengamankan Pilkada Kabupaten Takalar 2017 dan Antisipasi Perkembangan Kejahatan dalam Rangka Harkamtibmas”.  Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs Muktiono SH, MH dalam sambutannya menyampaikan hasil Rapim Polri 2017 yang dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta.

 

Dikatakan Irjen Pol. Drs Muktiono SH, MH, ke depan Polri yang profesional, modern, terpercaya merupakan sebuah tagline yang harus dicapai. Pada kesempatan ini Kapolda Sulsel memberi apresiasi kepada Kapolres dan jajaran atas pencapaian penghargaan Promoter yang diberikan oleh Kapolri, Jenderal Pol Tito Carnavian kepada Polda Sulsel.

 

“itu semua berkat kinerja dan profesional personil kita dalam bekerja sehingga pencapaian ini harus kita pertahankan,” papar Kapolda Sulsel.

Dalam Rapim Polda Sulsel ini, Irjen Pol. Drs Muktiono SH, MH memberi perhatian khusus kepada Polres Takalar, yang wilayah hukumnya akan menyelenggarakan Pilkada serentak tanggal 15 Februari 2017. Takalar memang menjadi fokus perhatian serius Kapolda Sulsel, sejak pertama kali menjabat di daerah ini.  

 

Usai dilantik beberapa waktu lalu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono memulai kunjungan kerja pertamanya di Mapolres Takalar. Di daerah itu Kapolda beserta rombongan disambut oleh Kapolres Takalar, AKBP Iskandar dengan jajar kehormatan dan pengalungan bunga, Kamis, 19 Januari 2017 lalu.

Kedatangan Kapolda Sulsel waktu kunjungan itu, didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Ratu Diana Savitri juga disambut dengan adat Bugis Makassar yaitu Angngaru serta tari Paduppa yang dibawakan oleh putri-putri anggota Polres Takalar. Penampilan ini sontak membuat suasana kunjungan kerja Kapolda Sulsel menjadi meriah.

 

Kedatangan Kapolda Sulsel di Kabupaten Takalar juga dalam rangka memantau dan mengecek langsung kesiapan dan kondisi personil Polres Takalar menjelang Pilkada serentak yang akan dihelat, 15 Pebruari 2017 nanti. Turut hadir juga Pejabat Plt Bupati Takalar, Dandim 1426 Takalar, Kepala Kemenag Kab. Takalar, Kajari, Sekda Takalar dan Wakapolres Takalar, Para Kabag, Kasat, Kapolsek serta para personil Polres Takalar.

 

Selain membahas persiapan pengamanan penyelenggaraan Pilkada Takalar, Rapim Polda Sulsel juga membahas masalah kejahatan atau kriminal (crime) semisal terorisme, kasus narkoba, kejahatan transnasional, kejahatan terorganisir, kasus siber, kasus perdagangan manusia, dan kasus penyelundupan manusia.

 

“Polri agar terus menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” ujar Kapolda kelahiran Surabaya ini. Kapolda Sulsel juga menyampaikan rencana Polri adalah perubahan kultur, mengurangi dan menekan sikap koruptif dan arogansi, serta memanage media.

Kejahatan atau kriminalitas (crime) telah menjadi bagian yang inherent dalam sejarah kehidupan umat manusia sejak jaman dahulu hingga saat ini. Menurut sosiolog Emille Durkheim (1933), kejahatan itu normal ada di semua masyarakat dan hampir tidak mungkin menghilangkan kejahatan dalam masyarakat.

 

Jenis dan bentuk kejahatan selalu berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan dinamika sosial yang berkembang dalam masyarakat. Pola dan modus kejahatan juga kian berkembang sebagai dampak kemajuan teknologi. Kompleksitas gangguan keamanan saat ini tidak lagi bersifat konvensional.

 

Namun kriminalitas telah berkembang dalam bentuk-bentuk kejahatan lintas negara (transnational crimes), seperti pembajakan (piracy), kejahatan pencucian uang (money laundering), perdagangan gelap narkotika dan senjata (illicit drugs and arm), perdagangan manusia (trafficking-in persons), penyelundupan barang (smuggling), kejahatan mayantara (cyber crime), illegal logging, illegal mining, illegal fishing hingga berkembangnya jaringan terorisme internasional. (*)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password