Gedung Baru Satpas Polres Wonosobo : Tingkatkan Pelayanan Berbasis Tekhnologi

Setelah 6 bulan pindah di Kompleks Terminal Mendolo karena proses pembangunan, akhirnya Pelayanan SIM Satlantas Polres Wonosobo menempati gedung baru di Jalan Bhayangkara. Pembangunan gedung yang diresmikan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono pada 8 Desember lalu tersebut menelan angaran negara sebesar 1,5 M.

Dan mulai hari ini (Senin, 19/12), pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi Satlantas Polres Wonosobo sepenuhnya dilaksanakan di gedung baru. Baik proses registrasi, ujian maupun pencetakan SIM. Antusiasme masyarakat pada hari pertama ini sangat bagus. Sejak dibuka, puluhan warga pemohon SIM langsung melakukan registrasi. “Antusiasme para pemohon ini merupakan penyemangat kami untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata Kanit Regident Satlantas Ipda Mahmud, S.H.

Untuk pelaksanaan pelayanan sendiri, satlantas sudah menggunakan komputerisasi. “Mulai dari pendaftaran menggnakan FIFO (First In First Out), ujian tertulis menggunakan AVIS (Audio Visual Integrated System) hingga pencetakan SIM. Semuanya semakin transparan dan akutabel,” terang Ipda Mahmud. “Semoga dengan semangat gedung baru ini, kami lebih dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Ipda Mahmud.
Berkaitan dengan prosedur pembuatan SIM sendiri, Kanit Regident Satlantas menyatakan bahwa saat ini pihaknya tidak akan pernah mempersulit warga yang akan membuat SIM. “Yang penting semua tahapan terpenuhi, SIM bisa langsung dimiliki. Kami juga tegaskan tidak ada biaya tambahan maupun pungutan-pungutan liar lainnya,” ujar Ipda Mahmud.

“Akantetapi yang perlu dicatat adalah sesuai dengan Perkap Nomor 9Tahun 2012 pasal 28 ayat (3) serta Surat Telegram Kapolri nomor ST/985/IV/206 tanggal 20 April 2016 tentang perpanjangan SIM dinyatakan bahwa SIM harus diperbaharui sebelum masa berlakunya habis,” katanya. “Apabila terlambat meski hanya 1 hari, maka harus mengikuti prosedur seperti SIM baru. Baik itu registrasi maupun ujian tertulis dan praktek,” lanjut Ipda Mahmud.
“Oleh karenanya kami menghimbau kepada seluruh masyarakat pemohon SIM agar melakukan perpanjangan setidaknya 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis,” tuturnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password