Ilegal dan Merusak Lingkungan, Aktivitas Penambang Batu di Trenggalek Dihentikan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Berbagai bencana alam yang kerap melanda Kabupaten Trenggalek haruslah bisa diantisipasi sedini mungkin. Upaya pencegahan melalui reboisasi, penataan Daerah Aliran Sungai atau DAS juga terus dilaksanakan. Kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dari segala tindak tanduk yang beresiko bencana mutlak diperlukan.

Kapolsek Tugu, Iptu Bambang Purwanto, SH, MH bersama dengan anggotanya terpaksa menghentikan masyarakat yang mengambil batu di sepanjang sungai masuk Desa Duren Kecamatan Tugu, Trenggalek. Hal ini dilakukan setelah pihaknya menerima informasi terkait penambangan batu ilegal di lokasi tersebut.

“Informasi yang kami terima sudah berjalan 3 bulan sejak Desember”, ujar Bambang.

Puluhan orang yang bekerja dengan mencari batu di sungai tersebut dinilai masyarakat bisa mengakibatkan terkikisnya pinggiran sungai yang tentu saja bisa mengaibatkan longsor yang merembet ke rumah warga. Alhasil, para pencari batu inipun dibawa ke balai desa setempat.

Bambang bersama dengan kepala desa setempat memberikan arahan agar menghentikan segala kegiatan pengambilan batu.

“Kalau mau, ya silakan mengurus perizinan terkait penambangan. Apabila masih tetap beroperasi tanpa izin, terpaksa kami tindak sesuai hukum yang berlaku”, tegas Bambang.

Atas arahan dan pentunjuk tersebut, pihak pekerja mau menerima dan berjanji akan menghentikan kegiatan mereka.

”Alhamdulillah setelah menerima arahan, warga dengan senang hati menerima mulai saat ini sanggup dan bersedia menghentikan giat penambangan batu kali”, pungkas Bambang.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password