Hujan Deras Bencana Mengintai, Polres Loteng Harapkan Masyarakat Waspada


IMG-20170201-WA0010Tribratanews.polri.go.id – Loteng,
hampir tanpa henti sejak dua hari terakhir Kabupaten Lombok Tengah diguyur hujan. Walau intensitasnya tidak terhitung deras, namun tidak ada salahnya untuk menjaga kewaspadaan diri terhadap bencana yang setiap detik mengintai. Seperti yang terjadi di tiga kecamatan di wilayah hukum Kepolisian Resor Lombok Tengah (Polres Loteng) yaitu, Kecamatan Praya Barat, Pujut dan Praya Timur telah terjadi bencana banjir, pohon tumbang hingga longsor terjadi di waktu yang hampir bersamaan pada Rabu (01/02).

“di sepanjang perjalanan kami melakukan patroli, ada dua kejadian yang kami temui. Pohon tumbang dan tanah longsor Di Kecamatan Praya Barat dan banjir di Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur”. Tutur Kepala Satuan Sabhara (Kasat Sabhara) IPTU Antonius Dopo.

Baca Juga : Tiga Kecamatan Di Lombok Tengah Dilanda Banjir

Khawatir akan terjadinya bencana yang berakibat fatal pada masyarakat membuat personel sabhara Siaga Bencana. Satu peleton unit dalmas dan satu regu unit patroli diterjunkan untuk mengingatkan para warga akan bencana yang ditimbulkan karena seringnya guyuran hujan.

“ini sudah agenda tahunan, kami harap masyarakat dapat mengambil pelajaran dari tahun-tahun sebelumnya untuk menyikapi bencana. Kami datang hanya untuk mengingatkan”. Terang IPTU Anton

Menerobos derasnya hujan dengan pakaian yang sudah berat menyerap air dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya personel sabhara mengingatkan setiap masyarakat yang ditemui.IMG-20170201-WA0016

Sepanjang perjalanan di desa yang terkena banjir yaitu Desa Kidang, pasukan ujung tombak Polres itu membujuk beberapa warga yang masih memilih tinggal di lokasi untuk menuju tempat pengungsian namun ditolak dengan alasan menjaga ternak dan tambak. Padahal banjir yang hampir setinggi lutut itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan atau bahkan keselamatan untuk kedepannya.

Melihat kegigihan anggotanya yang tetap bertugas di tengah Rahmat Tuhan (Hujan), Kapolda NTB pun mengapresiasi kinerja anggotanya di lapangan.
“saya bangga melihat anggota saya rela berbasah basahan untuk atasi banjir demi masyarakat” tutur Jendral bintang satu Drs. Umar Septono SH MH. (Zie)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password