Inilah Sinergi Forkopimda Trenggalek Jatim, Satu Suara Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kekompakan dan keharmonisan kembali ditunjukkan jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek. Dengan formasi lengkap, Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim dan Kajari kompak hadir dalam acara Safari Forkopimda yang digelar di balai Desa Ngepeh Kecamatan Tugu, Rabu (01/02). Acara dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pembangunan desa  tersebut hadir pula Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum, Kabag Umum, para Camat se-Kabupaten Trenggalek, Muspika Kecamatan Tugu, para Kades se-Kabupaten Trenggalek dan perangkat desa se-Kecamatan Tugu.

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto, M.Sc dalam sambutannya berharap, dengan silaturahmi dapat dipetakan program infrastruktur dalam rangka membangun desa yang muaranya meningkatkan ekonomi dan pendapatan rakyat. Emil juga berharap, desa dapat mengembangkan potensi wisata yang ada sehingga akan sangat membantu mengangkat kesejahteraan masyarakat. Tentang Musrenbang, Emil menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan rencana pembangunan melalui dana desa. Emil juga berpesan agar dilaksanakan dengan baik jangan ada rasa khawatir asal dikelola dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Senada dengan Bupati, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, SIK, M.Si menegaskan, tidak perlu takut mengelola dana desa asal dikelola  sesuai prosedur dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Trenggalek tidak akan maju tanpa adanya bapak dan ibu sekalian. Ibarat roda selalu kena paling duluan, sehingga peran bapak dan ibu selalu diharapkan oleh masyarakat”, ujar Donny dihadapan tamu undangan.

Terkait tentang Kamtibmas, agar para kepala desa selalu berkoordinasi dengan 3 Pilar yang ada di desa setempat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Samsul Anam, S.H, M.H menuturkan, Forkopimda sangat mendukung dan mendorong pembangunan desa.

”Pembangunan di Trenggalek tidak dapat berjalan tanpa ada peran serta semua pihak dan masyarakat”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kajari Trenggalek menjelaskan tentang tugas dan kewenangan Kejaksaan Negeri serta perannya dalam mengawal pembanguan dan keuangan di pemerintah desa. Sedangkan Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Arm. Bayu Argo Asmoro mengusulkan agar kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara periodik minimal 3 bulan sekali. Kepada 3 Pilar ia juga berpesan agar Polri dan TNI tidak ragu-ragu dalam bertindak serta mampu menyelesaikan tiap permasalahan di desa namun tetap melaporkan kepada pimpinan.

Kekompakan yang ditunjukkan  Forkompimda Kabupaten Trenggalek ini dapat menumbuhkan optimisme publik terhadap pembangunan Trenggalek dimasa yang akan datang.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password