MENGANDUNG UNSUR PROVOKATIF DI MAGELANG JATENG : 9 Spanduk di Turunkan Instansi Terkait

dsc_0489

Polda Jateng  – Aparat gabungan yang terdiri dari personel Polres Magelang, Kodim 0705 dan Kesbangpol , Jum’at (16/12) mengamankan kegiatan penurunan spanduk atau banner oleh Sat Pol PP Kabupaten Magelang di 9 (sembilan) titik wilayah Kecamatan Muntilan.

Tindakan segera yang dilakukan oleh aparat gabungan untuk menurunkan spanduk tersebut dikarenakan mengandung unsur provokatif yang dapat menimbulkan keresahan bagi masyarakat, selain itu pemasangan di wilayah tersebut diketahui tanpa memiliki ijin.

Penurunan spanduk dan banner oleh aparat gabungan tersebut karena dianggap melanggar :
1) Undang-undang Dasar 1945
2) Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Azasi Manusia
3) Undang-undang Republik Indonesia No. 40 tahun 2008 tentang penghapusan Diskriminasi, Ras dan Etnis pasal 4 Jo pasal 16 (Tindakan Diskriminatif, Ras dan Etnis berupa : b. Menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang karena perbedaan ras dan etnis yang berupa perbuatan : 1. Membuat tulisan atau gambar untuk ditempatkan, ditempelkan, atau disebarluaskan di tempat umum atau tempat lainnya yang dapat dilihat atau dibaca oleh orang lain.)

4) Instruksi Presiden nomor 25 tahun 1998 tentang menghentikan penggunaan istilah pribumi dan non pribumi dalam semua perumusan dan penyelengaraan kebijakan, perencanaan program, ataupun pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.
5) Perbup Nomor 22 Tahun 2014 tentang Perijinan Penyelenggaran Reklame.

Tindakan intoleransi tidak boleh dibiarkan berkembang karena dapat mengganggu stabilitas kamtibmas. “Magelang ini daerah yang sudah kondusif keamanannya, jadi jangan ada coba membuat situasi menjadi tidak kondusif dengan tindakan-tindakan kontra produktif. Tentunya tindakan melawan hukum mempunyai konsekuensi hukum”. Demikian pesan kamtibmas yang disampaikan oleh Kapolres Magelang AKBP Hindarsono, S.H, SIK, M.Hum.

Penulis : Kompol Heru Budiharto, S.I.K., M.I.K Polisi Panggil Pemasang Spanduk yang Dinilai Provokatif di Muntilan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password