Kasatbinmas dan Bhabinkamtibmas Polda Kalsel Pelatihan Atasi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila

 

Guna tindak lanjut pelaksanaan Quick Wins program 1 , untuk melakukan penegakan hukum dan penertiban organisasi radikal dan anti Pancasila.

Dit Binmas Polda Kalsel menggelar peningkatan kemampuan para Kasatbinmas serta anggota Bhabinkamtibmas se jajaran Polda Kalsel.

Kegiatan yang dilangsungkan Rabu (1/2) di Hotel Royal Jelita Banjarmasin, ini dibuka secara resmi oleh Wakapolda Kalsel Kombes Pol Ade R Suhendi didampingi Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Tata.

 

Kegiatan ini begitu penting mengingat, Kepolisian Republik Indonesia pernah mengidentifikasi bahwa ada sekitar 17 organisasi berpaham radikal di negara ini. Organisasi berpaham radikal itu mendapat pengawasan ketat dari aparat penegak hukum. Langkah ini untuk mencegah adanya aksi-aksi yang mengarah ke tindak pidana terorisme.
Kepolisian juga mewaspadai organisasi yang disinyalir dipengaruhi oleh Negara Islam Suriah dan Irak  (ISIS). Dimana organisasi berpaham radikal itu berbahaya lantaran bisa menyebarkan paham yang berpotensi mengusik NKRI. Karena itu, deteksi dini mesti terus ditingkatkan.

 

Penegakan hukum seperti operasi penumpasan teroris tidak menjamin kelompok teror itu akan hilang dari muka bumi. Untuk itu perlu usaha yang lebih giat, khususnya pada upaya pencegahan. Karena itu, kepolisian terus menggalakan program kontra-radikalisme dan deradikalisasi di tengah masyarakat.

Untuk merealisasikan upaya pencegahan itu, polisi mengoptimalkan kinerja aparat hingga ke tingkat desa. Peran Babinsa maupun Bhabinkamtibmas amat penting untuk menyokong usaha mencegah dan memberantas paham radikal dan terorisme.
 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password