Bhabinkamtibmas Kelurahan Bangkai Polres Sidrap Peduli Warga Miskin

Tribratanews.polri.go.id, Sidrap Sulsel – Pada saat ini bangsa Indonesia sedang berusaha bangkit dari kesulitan yang menimpa, baik itu di bidang ekonomi, politik, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan (hankam). Untuk mendukung upaya perbaikan situasi dan kondisi bangsa, maka stabilitas kamtibmas mutlak diwujudkan, dipelihara dan dipertahankan secara selaras, seimbang dan berkesinambungan di dalam sistem/tatanan kehidupan kenegaraan.

Hal itu mutlak dilakukan guna mendukung terselenggaranya kelangsungan hidup bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Keamanan, ketertiban masyarakat merupakan suatu situasi yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dan semua kegiatan masyarakat.

Situasi kamtibmas sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat untuk dapat diwujudkan, sehingga menimbulkan perasaan tentram dan damai bagi setiap masyarakat. Juga dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam bekerja, karena tidak ada rasa takut akibat kemungkinan adanya gangguan yang akan menimpa.

Kamtibmas merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat dan pemerintah, termasuk di dalamnya adalah kepolisian sebagai aparat penegak hukum. Dalam pelaksanaannya, kepolisian melakukan upaya-upaya / tindakan yang diwujudkan dalam kegiatan berupa operasi kepolisian, baik yang sifatnya rutin maupun yang bersifat khusus.

Pelaksanaan kegiatan Babinkamtibmas yang bertujuan untuk mengupayakan terwujudnya situasi kamtibmas yang mantap dan dinamis akan berpengaruh terhadap masyarakat, baik pengaruh yang bersifat positif maupun negatif. Hal ini disebabkan karena setiap masyarakat punya penilaian yang berbeda – beda terhadap kegiatan Babinkamtibmas khususnya dan Polri umumnya.

Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat memang perlu ada koordinasi dan partisipasi dari semua pihak antara lain pemerintah, instansi samping ( TNI ) dan pihak Kepolisian yang punya wewenang sangat besar dalam memberikan perlindungan, pengangoman dan pelayanan kepada masyarakat serta tak kalah pentingnya adalah partisipasi masyarakat itu sendiri.

Hal itu bisa terwujud apabila Polri terutama Babinkamtibmas turun langsung kemasyarakat. Sehingga peran Babinkamtibmas betul-betul dapat dirasakan dan mampu meningkatkan pelayanan masyarakat
Peran Bhabinkamtibmas untuk turun langsung ke masyarakat seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Bangkai, Polres Sidrap, Polda Sulsel, Aiptu Mursal mengunjungi warga binaannya yang tergolong tidak mampu atau miskin, Senin siang, tanggal 30 Januari 2017. Kegiatan ini merupakan door to door system yang rutin dilakukan oleh setiap anggota Bhabinkamtibmas untuk mencatat dan mendata warganya yang tergolong miskin.

Kunjungan Aiptu Mursal kali ini dilakukan di rumah perempuan Isadiah, janda tua yang hidup berdua bersama dengan anak perempuannya yang menempati gubuk yang berlantaikan tanah. Gubuk janda tua ini terletak di jalan poros Parepare-Sidrap, Kelurahan Lawawoi, Kecamatan Wattang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.
Kedua ibu dan anak ini tidak ada yang menafkahi kebutuhan hidup mereka sehari dan hanya mengharap bantuan dari keluarga, tetangga dan pihak dermawan yang rela dan iklhas dan membantu mereka berdua. Diharapkan dengan kunjungan ini, babinkamtibmas dapat menjadi fasilitator sehingga pihak yang berkompeten dapat memberikan bantuan kepada warga yang tidak mampu seperti keluarga Isadiah ini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password