Safari Kamtibmas Kasat Binmas Polres Blora, Cek Pos Kamling Dan Beri Binluh Warga

tribratanews.polri.go.id – BLORA, Untuk menekan berbagai potensi tindak kejahatan, Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumaidi bersama staf Binmas Polres Blora melakukan kegiatan safari Kamtibmas yang dilaksanakan tadi malam hari Selasa (31/01/17), sebagai sarana upaya pencegahan, salah satunya dengan mengadakan cek Pos Kamling secara rutin di berbagai wilayah yang ada di wilayah Kabupaten Blora.

Pos Kamling sebagai salah satu titik dimana bisa menjadi sarana berkumpul dan wadah saling berbagi informasi maupun komunikasi warga masyarakat juga sarana menciptakan  situasi keamanan dilingkungan melalui kegiatan ronda Pos Kamling. Menyadari hal ini agar dapat terwujud tentunya dibutuhkan kerjasama yang optimal dari seluruh warga maupun eleman masyarakat guna bersama-sama membangun kamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya. Rabu (01/02/17).

Dalam kesematan tersebut Kasat Binmas Polres Blora memberikan pesan-pesan Kamtibmas dan pembinaan pada warga Desa Tutup Kec. Tunjungan, Kab. Blora untuk sadar hukum. AKP Sumaidi juga mengarahkan, apabila warga mengetahui ada kejahatan tindak pidana segera laporkan pada Bhabinkamtibmas, Bhabinsa maupun perangkat desa.

Maksud pelaksanaan kegiatan sambang poskamling sebagai bentuk monitoring dan motivasi kepada masyarakat. Memberikan motivasi untuk berpartisipasi aktif mendukung terciptanya siskamling yang mantap dilingkungan masing-masing. Pada kesempatan tersebut Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumaidi juga memberikan apresiasi terhadap petugas kamling di desa Tutup Kec. Tunjungan yang terdiri dari bebagai unsur warga dari berbagai kalangan bersinegi dalam menjaga keamanan dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Menurut Kasat Binmas, kegiatan ini dilaksanakan selain untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan juga untuk mendekatkan diri ke masyarakat serta memberikan motivasi kepada warga untuk meningkatkan ronda malam dilingkungan masing masing.

“Dengan adanya kegiatan sambang pos kamling ini diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam, karena kegiatan tersebut juga sebagai sarana silaturahmi sesama warga sambil menjaga keamanan lingkungan masing-masing”, ujar Kasat Binmas AKP Sumaidi.

Setelah mengunjungi Pos Kamling yang ada di Desa Tutup Kec. Tunjungan, Kab. Blora, Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumaidi melanjutkan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para perangkat  Desa Tutup dirumah Kepala Desa tersebut.

Kasat Binmas menyampaikan beberapa poin penting dalam pembinaan dan binluh langsung dalam acara malam tadi yakni :

  1. Mengajak peran serta perangkat desa untuk diteruskan kepada warganya agar meningkatkan dan menjaga kamtibmas diwilayahnya dengan pam swakarsa khususnya siskamling serta antisipasi dan waspada bencana alam tanah longsor di musim penghujan.
  2. Tingkatkan kerukunan antar perangkat desa dengan warganya sehingga terjalin hubungan yg baik.
  3. Cegah dan antisipasi serta waspada paham radikalisme berkembang di wilayah Kabupaten Blora khususnya di Desa Tutup.
  4. Melalui peran perangkat desa cegah dan hindari konflik sosial dalam masyarakat segala permasalahan bisa di musyawarahkan bersama.

Untuk mendukung kegiatan siskamling di Dusun tutup, Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumaidi memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Tutup berupa borgol, tongkat T, lampu kedip, dan senter.

Dalam kesempatan ini pula, Safari Kamtibmas Sat Binmas Polres Blora juga  memberikan kesempatan kepada warga masyarakat Desa Tutup Kec. Tunjungan, Kab. Blora untuk menyampaikan apsirasinya atau uneg-unegnya yang berkaitan dengan permasalahan hukum untuk dicarikan jalan keluarnya. Warga juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Blora. (@polresblora.com)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password