Banyak Anak Berhadapan Dengan Hukum, Ini Yang Menjadi Salah Satu Atensi Polisi

tribratanews.polri.go.id – Loteng, Rabu (01/02) .Akhir-akhir ini maraknya kasus anak yang bersentuhan langsung dengan hukum turut menambah rentetan kasus-kasus terkini yang dihadapi oleh tubuh polri. Tanpa terkecuali Kepolisian Resor Lombok Tengah (Polres Lombok Tengah), dalam bulan januari saja terdapat sederet kasus kejahatan khususnya tindak pidana pencurian yang melibatkan anak berumur 18 tahun ke bawah, bahkan ada yang baru menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah belajar untuk mencuri sebuah sepeda motor.

Tentu ini menjadi perhatian khusus, terlebih jika berkenaan dengan “Anak” maka proses hukum yang ditangani oleh tubuh polri bisa dikatakan terbatas. Dalam beberapa kondisi, Setelah dilakukan penyidikan kasus sepenuhnya akan diserahkan ke dinas/lembaga sosial untuk dilakukan pembinaan. Hal itu dapat menjadi lubang persembunyian oknum yang tidak bertanggung jawab.

“saya sampai tidak habis pikir siswa SMP pun punya pemikiran untuk mencuri sepeda motor. Hal yang ganjil menurut kami, tentu ini mengindikasikan orang ke tiga yang membuat para anak untuk melakukan tindakan kriminal”. Panjang lebar Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) KOMPOL Ketut Tamiana.

Lanjutnya, polisi nomor tiga di Lombok Tengah itu menambahkan bahwa tidak selamanya penanganan kasus yang dilakukan oleh anak itu berakhir dengan  pembinaan oleh lembaga/ dinas sosial. Ada kalanya kasus-kasus yang dinilai berat akan diberlakukan proses hukum seperti biasa. Dan apabila indikasi orang ke tiga terbukti akan lebih fatal lagi akibatnya.

Perlunya perhatian dan penjagaan ketat keluarga atau kerabat dekat untuk menghindari kasus kasus berupa pemanfaatan anak kecil yang tentunya akan merusak moral dan masa depannya kelak. Sedini mungkin untuk membentengi para generasi muda agar tidak terpancing oleh dorongan orang ketiga untuk menyentuh tindakan kriminal.(zie)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password