ASAH KEMAMPUAN, Personil Polres PPU Latih Penggunaan AWC

POLDAKALTIM – Guna mengetahui penggunaan serta cara kerja kendaraan Armoured Water Cannon (AWC), Satuan Sabhara Polres Penajam Paser Utara mendapatkan bimbingan dan pelatihan oleh Personil Dit Sabhara Polda Kaltim pada hari Senin (19/12/2016) pukul 09.30 Wita bertempat di halaman Mapolres Penajam Paser Utara.

Kegiatan latihan tersebut dipimpin langsung oleh personil Dit Sabhara Polda Kaltim yakni Aiptu Hartono Wahyu beserta 2 (dua) personil lainnya yakni Aipda Wawan dan Brigadir Arfandi. Ketiga personil tersebut merupakan personil yang biasa mengawaki kendaraan AWC tersebut dan telah mengikuti pendidikan di Mabes Polri.

Pelatihan ini dilaksanakan sebab untuk mengoperasikan kendaraan taktis (rantis) AWC ini tidaklah mudah terutama untuk menggerakkan cannon atau penyemprot yang berada di atas truk secara otomatis. Didalam kendaraan AWC ini ada empat personel yang bertugas didalamnya yang memiliki tugas masing-masing, sejumlah tombol, sakelar serta remote control berada pada papan kontrol di bagian tengah. Satu personel berada di kiri, satu di kanan keduanya sebagai pengendali penyemprot maupun camera dan satu personel duduk di jok depan disamping driver dan satu sebagai driver.

Seluruh kaca di mobil AWC ini dilapisi pengaman besi guna mencegah lemparan benda keras yang ditujukan ke AWC. Kendaraan ini juga dilengkapi kamera pengawas untuk memantau ataupun merekam aktivitas diluar kendaraan AWC.

Sementara itu, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH mengatakan dengan diadakannya pelatihan penggunaan rantis AWC ini diharapkan setiap personel yang telah ditunjuk untuk menjadi Operator ataupun driver rantis AWC ini dapat mengerti dan memahami penggunaan mobil AWC beserta kelengkapan pendukungnya sehingga senantiasa siap jika suatu saat dibutuhkan.

“Rantis AWC ini memiliki banya fungsi, namun fungsi utamanya yakni untuk untuk mengantisipasi tindakan anarkis yang datangnya dari para pendemo saat terjadi unjuk rasa”, tutup Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH.

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim AKBP Ade Yaya Suryana, SIK, M.H. menuturkan “kegiatan ini di lakukan untuk melatih keterampilan personil dalam penggunaan Rantis, sehingga suatu saat jika keadaan mendesang seluruh personil siap menggunakan Rantis, terutama AWC”, tutup AKBP Ade Yaya Suryana .(*)

 

 

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password