Polda Kalsel Gelar Uji Kompetensi Kemampuan Identifikasi

inafis-2-333vahccxp6y451ir47myy

Polda Kalsel melaksanakan “Pelatihan dan Uji Kompetensi Kemampuan Identifikasi” bagi  jajaran Polda Kalsel agar dapat mencerminkan postur inafis yang profesional menuju terwujudnya proses penyidikan tindak pidana secara alami (scientific crime investigation). Kegiatan selama tiga hari di Aula Mathilda Bhayangkari, Selasa dibuka oleh Wakapolda Kalsel Kombes Pol Ade R Suhendi, diikuti 50 peserta anggota Krimum se Polda Kalsel.

Dalam kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Kapusinafis Bareskrim Polri Kombes Pol Kokot Indarto beserta Tim, Mr Tahira Masato perwakilan JICA beserta Tim.

Dalam kesempatan ini Program Manager Jica / Penasehat Kapolri Komjen Kato Akisha menyampaikan  tentang sistem sertifikasi. Sistem sertifikasi ini adalah suatu program kerja Polri dengan JICA, dan pelatihan di Polda Kalsel adalah pelaksanaan yang ke-21 kalinya untuk kerjasama ini. Standar sertifikasi ini, terutama berhubungan dengan teknik pengembangan sidik jari, setidaknya sedah mencapai level yang sama dengan dengan kepolisian Jepang.

“Selain itu, yang lulus pada sistem sertifikasi ini telah mencapai 623 orang untuk Level B dan 88 orang untuk level A. Selanjutnya setiap tahun Polri bekerja sama dengan JICA mengadakan pelatihan pemeriksaan perbandingan sidik jari di Pusinafis Bareskrim Polri,” ungkap Komjen Kato Akisha.

2 peserta terbaik akan dikirim ke jakarta selama 2 minggu dan selanjutnya diseleksi lagi 2 orang untuk mengikuti pelatihan di Jepang selama 1 bulan.

Setelah Tim Jica menyampaikan sambutan, Wakapolda Kalsel juga menyampaikan sambutan pada kegiatan pelatihan ini yakni :

  1. Mengucapkan selamat datang di Polda Kalsel Pusinafis Bareskrim Polri beserta tim instruktur dari inafis, dan kepada Mr. Sasaki beserta tim instruktur dari JICA.

 

  1. Meminta kepada Karo SDM untuk memberi penekanan kepada para Kasatwil agar personil identifikasinya yang hanya 2 orang, dapat ditambah menjadi minimal lima orang dari DSPP sembilan orang, sehingga tidak terjadi personil yang rangkap jabatan dalam melaksanakan tupoksinya khususnya dibidang identifikasi.

 

    Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan dan uji kompetensi kemampuan identifikasi ini diharapkan mampu memberikan nilai plus bagi para personil pengemban fungsi identifikasi di jajaran Polda Kalsel guna penjabaran tugas dilapangan.

 

  1. Diharapkan juga dengan dilaksanakannya pelatihan dan uji kompetensi ini, seluruh peserta yang juga merupakan personil identifikasi menjadi lebih profesional dan menguasasi peralatan yang dioperasionalkan sehingga hasil pekerjaannya dapat memenuhi persyaratan sebagai keterangan ahli.

 

“Tak hanya itu, kepada para peserta pelatihan diingatkan kembali agar benar-benar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksankan serta memperhatikan dengan seksama terhadap seluruh materi latihan yang diberikan oleh para instruktur, sehingga nantinya mampu ditunjukan pada pelaksanaan uji kompetensi, yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat dalam pelaksaan tugas ditempat penugasan masing-masing”, ungkapnya

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password