Deradikalisasi : Satpolair Ajak Warga Desa Ambahai Kabupaten HSU Kalsel Antisipasi Paham Radikal

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalsel – Sore itu Senin (30/1) suasan di rumah kepala desa Ambahai Bapak Udin jam 16.00 wita mendadak ramai dipadati oleh warga dan petugas kepolisian dari Satuan Polisi Air HSU yang akan menyampaikan penyuluhan terkait Deradikalisasi.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut di hadiri oleh lebih dari 20 orang warga desa Ambahai, Penyuluhan tentang paham radikal ini disampaikan langsung oleh KBO Polair Polres HSU Ipda M.Gandi dengan mengajak seluruh warga lebih waspadai berkembangnya organisasi yang berbau radikal, apabila warga mengetahui adanya indikasi terbentuknya organisasi paham radikal untuk sesegeranya melaporkan kepada kepolisian terdekat.

Paham Radikal ini dapat mengganggu keutuhan NKRI serta stabilitas keamanan, yang mana paham ini sangat bertentangan dengan Pancasila dan  Undang – undang Dasar Negara 1945.

Materi tentang berbagai macam faham radikal yang pernah terjadi di Indonesia disampaikan oleh Aiptu Fajar Hendratno, adapun cara Mengidentifikasi Radikalisme melalui faham / ideologi dengan memahami pokok – pokok ajaran dari ideologi yang tidak lepas dari jihad.

Berbagai macam aliran sudah dibekukan oleh Polri, dengan berbagai metode doktrin kepada para pengikutnya untuk memecah kedaulatan NKRI kita sehingga rela melakukan apa saja demi keberhasilan tujuan organisasinya.

nkri

Di era modern saat ini, Pola Penyebaran Radikalisme di Indonesia tidak lagi dengan sembunyi – sembunyi, cara berkomunikasi langsung dalam bentuk dakwah, diskusi / bedah buku dan pertemanan kerap kali kita temukan, melalui Media massa internet, media sosial serta hubungan kekeluargaan dengan bentuk pernikahan selalu dimanfaatkan dalam penyebaran faham radikal saat ini.

Dengan berbagai pola yang dilakukan oknum – oknum tersebut, diharapkan kepada seluruh warga lebih berhati – hati dalam mencerna berita, meningkatkan pengawasan terhadap anak yang sangat mudah dipengaruhi oleh orang – orang yang sengaja mencari pengikut berdalih membela Agama.

Kegiatan penyuluhan tersebut diakhiri dengan pemberian bantuan kepada warga berupa sembako, bendera Merah putih serta Poster teks Pancasila yang bertujuan untuk selalu mengedepankan NKRI.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Kang Iqbal

Admin Polri55959 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password