Jalan Sabuk Merah Perbatasan RI-Timor Leste Ambruk, Anggota Polres Belu Himbau Warga Jauhi TKP

d47429ac-e08c-47ed-9c86-a9cac5469e79

Tribratanews.polri.go.id-Polda NTT,  Bencana Alam Longsor, yang terjadi pada jumat malam (27/1/17) di Dusun Asulait, Desa Sarabau, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, mengakibatkan jalan sabuk merah perbatasan Indonesia-Timor Leste , ambruk.

Jalan raya yang menghubungkan desa Sadi dan Desa Sarabau tersebut, putus total akibat longsor sepanjang 75 meter, sehingga otomatis akses masyarakat yang ingin bepergian di dua desa tersebut lumpuh total.

Hal ini disikapi anggota Polsek Tasifeto Timur dan anggota Bhabinkamtibmas Polres Belu, yang pada minggu (28/1/17), turun ke lokasi dan memberikan himbauan kamtibmas kepada warga disekitar TKP.

Kepada warga yang kebetulan berada di tkp dan yang bermukim di sana, anggota menghimbau untuk tidak memaksakan diri menerobos jalan putus tersebut dan menggunakan jalur alternatif untuk ke tempat tujuan.

Anggota juga menghimbau warga untuk tidak berada dekat tkp, baik sekedar melihat ataupun menjadikannya sebagai obyek berfoto ria. Himbuan ini disampaikan agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan bersama.

Di hari yang sama pula, anggota langsung melakukan kordinasi dengan pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum ( PU ), pihak kecamatan dan PT Nindya Karya selaku kontraktor pelaksana proyek pengerjaan jalan raya tersebut.

PT Nindya Karya mengatakan masih menunggu tim ahli survey penelitian tanah dari Jakarta sehingga tidak bisa dilakukan perbaikan dalam waktu dekat.

Penyebab dari bencana longsor tersebut diduga adalah akibat dari hujan deras yang turun sejak sepekan terakhir sehingga kondisi tanah disekitar lokasi jalan putus ikut menurun akibat pergeseran tanah.

Bencana alam longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun harta benda dikarenakan TKP jauh dari pemukiman penduduk.

Penulis: PID Polda NTT

Editor : Kang Iqbal

Publish: Eja Manto

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password