Karhutla di Inhil Riau : Ini Perintah Harian Kapolres dalam Menghadapi Musim Kemarau

01tribratanews.polri,go.id – Polres Inhil – Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, SIK, memerintahkan Para Kapolsek jajaran Polres Inhil, untuk mengaktifkan kembali Posko Karhutla yang telah terbentuk di Kecamatan – Kecamatan se Kabupaten Inhil.

Perintah itu disampaikan Kapolres dalam rapat staf, yang diikuti oleh Waka Polres Inhil, KOMPOL Dr. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H, dan para pejabat utama Polres Inhil, pada hari Senin tanggal 30 Januari 2017, di Ruang Tri Brata Polres Inhil. Hal itu juga sejalan dengan intruksi Presiden Joko Widodo, yang disampaikan kepada Para Kapolres, dalam rapat penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2017 di Istana Negara, beberapa waktu yang lalu.

Bencana Karhutla di Tahun 2015 lalu, telah menyebabkan negara mengalami kerugian yang mencapai ratusan triliun rupiah. Pada Tahun 2016, berkat penanganan dan kerjasama yang lebih baik antar instansi terkait, bencana kabut asap berkurang dengan sangat  signifikan.

Dari data BMKG menyatakan, bahwa beberapa bulan kedepan kemungkinan akan terjadi kemarau panjang di Indonesia, oleh sebab itu Kapolres menekankan penanganan karhutla, di Tahun 2017, harus lebih baik dengan langkah – langkah antara lain, mendorong Pemerintah Daerah untuk menetapkan Siaga Darurat lebih awal sebelum situasinya terlanjur memburuk.

Selain itu, Kapolres juga memerintahkan pada jajarannya, untuk memperkuat sistim deteksi dini terutama di Polsek – Polsek, yang wilayahnya rawan karhutla, dan melakukan penyiapan dan penambahan sekat kanal atau embung, yang akan berguna apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan, serta melakukan penegakan hukum terhadap kasus karhutla dengan tegas.

Kapolres berharap, dengan dimulainya sejak dini mitigasi karhutla ini, bencana kabut asap akibat karhutla, dapat dicegah atau ditekan seminimal mungkin. (HaPe)

Editor: Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password