Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Barat melaksanakan Giat latihan PKS di SMA Negeri 1 liwa

tribratnews.polri.go.id-Polres Lampung Barat-Dikyasa dari Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Barat memberikan pelatihan patroli keamanan sekolah (PKS) kepada siswa-siswi di SMA Negeri 1 Liwa Lampung Barat. Mereka diberikan bimbingan dalam melakukan 12 dasar gerakan Peraturan Baris Berbaris pada hari senin 30/01/ 2017.

Kegiatan hal seperti ini rutin di laksanakan oleh Satuan LaluLintas di jajaran Polres Lampung Barat setiap hari senin seperti terlihat Bripka Wayan yang sedang membina siswa-siswa SMA Negeri 1 Liwa berupa Peraturan Baris Berbaris salah satunya yaitu Latihan Penghormatan.

Selain pemberian materi Peraturan Baris Berbaris, siswa siswi pun dibekali dasar dasar dalam pengaturan arus LaluLintas. Dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan siswa siswa SMA Negeri 1 Liwa dapat menerapkan disekolah Keberadaan anggota PKS di lingkungan Sekolah dapat membantu peran Guru dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan, baik terhadap pembinaan pengembangan bakat siswa maupun pengawasan siswa di lingkungan Sekolah.

Selai itu anggota PKS juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk  menyeberangkan saat datang dan pulang dari Sekolah terutama di sekolahan yang berada di Jalan utama, dan dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta dapat menjadi mitra dalam mendukung tugas Kepolisian yakni melaksanakan “Patroli Keamanan Sekolah” di lingkungan Sekolah masing-masing sesuai tugas pokoknya PKS tanpa mengganggu kegiatan belajar dan kegiatan PKS ini telah mendapat dukungan dari orang tua/wali murid serta Kepala Sekolah.

Sebelum di lakukan pembentukan, kami dari Satuan LaluLintas melakukan koordinasi dengan pihak Sekolah. Untuk memberikan pembinaan, pembekalan, serta materi Peraturan Baris Berbaris dan dasar pengaturan LaluLintas.

pelatihan PKS perlu dilaksanakan dikalangan pelajar SMA sederajat, untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak Sekolah yakni untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan Sekolah.

Publikasi       : Edi S

Editor            : Kang Iqbal

Penulis          : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password