Saka Bhayangkara, Pramuka dengan Pengetahuan Kepolisian

Tribratanews.polri.go.id, Luwu Sulsel – Satuan Karya (Saka) di dunia kepramukaan merupakan wadah pengembangan bakat dan pengalaman peserta didik dalam berbagai bidang pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, dan para pemuda usia 14-25 tahun dengan syarat khusus.

Saka Bhayangkara Satuan Karya Pramuka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Didirikanya saka ini untuk menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Satuan Karya ini di bawah bimbingan Polri.

Jumat (27/1/2017), Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan membuka perkemahan pelantikan calon anggota Saka Bhayangkara Cabang Luwu. Kegiatan yang digelar di Halaman Polres Luwu ini diikuti 135 anggota Saka Bhayangkara angkatan ke X tahun ajar 2017.

Kegiatan Perkemahan dan seluruh kegiatannya dilaksanakan di Mapolres Luwu. Di sini anggota Saka Bhayangkara memanfaatkan fasilitas Baruga Pratisara Wirya Polres Luwu, sebagai ruang kelas. Sedangkan untuk pelatihan lapangan, mereka memanfaatkan halaman Mapolres Luwu.

Selain sejumlah anggota Saka Bhayangkara, upacara pembukaan ini juga dihadiri Wakapolres Luwu, Para Kabag, Kasat Fungsi, serta perwakilan Saka yang ada di Kabupaten Luwu.

“Selamat datang kepada para calon anggota Saka Bhayangkara Cabang Luwu. Ikuti setiap petunjuk dan arahan dari para pelatih dan instruktur selama dalam pelatihan,” kata Kapolres Luwu dalam amanatnya.

Selain itu, Ahmad Yanuari berpesan untuk mengembangkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan. Dia meminta kepada setiap anggota Saka Bhayangkara dapat menjadi contoh yang baik kepada teman di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat,

“Kepada para Pembina krida-krida yang ada dalam kesakaan, dalam hal ini Para Kasat Fungsi yang ada di Polres Luwu agar memberikan materi pembelajaran kepada anggota Saka Bhayangkara,” pesannya.

Rencananya, perkemahan penerimaan anggota Saka Bhayangkara ini akan berlangsung selama dua hari. Pada puncak acaranya, akan dilakukan pelantikan kepada 69 calon anggota Saka Bhayangkara Cabang Luwu.

Ahmad Yanuari mengatakan, Pramuka Saka Bhayangkara merupakan kebanggaan kepolisian. Hal ini, kata dia, di setiap kegiatan polisi, Saka Bhayangkara ikut membantu seperti pengaturan lalu lintas, pengamanan membantu menghadapi bencana alam.

“Harapannya dapat menerapkan nilai-nilai yang baik dalam kehidupan bermasyarakat mampu menjadi contoh dan mampu menolong orang lain yang membutuhkan,” pungkas Yanuari.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Makassar, Ibrahim Saleh mengatakan, keberadaan Saka Bhayangkara di Kota Makassar sendiri sangat membantu. Hal ini, kata dia, tidak jarang anggota Saka Bhayangkara terlibat langsung dalam pengaturan lalu lintas.

“Sering kita temukan ada pramuka yang mengatur lalu lintas. Itu pramuka Saka Bhayangkara. Mereka memang dibekali oleh aparat kepolisian untuk membantu tugas-tugas polisi,” tuturnya.

Selain mengatur lalu lintas, kata Ibe sapaan akrabnya, Pramuka Saka Bhayangkara juga sering terlibat dalam penangulangan bencana alam. Menurut dia, seorang anggota Saka Bhayangkara diberikan pengetahuan khusus di bidang kepolisian, termasuk penanggulangan bencana alam.

“Setiap anggota memilih satu krida yang akan mereka pelajari. Di Saka Bhayangkara itu ada empat Krida, masing-masing Krida Ketertiban Masyarakat (Tibmas), Krida Lalu Lintas (Lantas), Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (PPB), Krida Tempat Kejadian Perkara (TKP). Jadi memang mereka sudah dibekali sebelum diterjunkan ke lapangan,” tandasnya. (*)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password