Tatap Muka Kapolres Nabire Bersama Anggota Komnas HAM RI Dan Masyarakat Kabupaten Dogiyai Papua

Tribratanews.polri.go.id – Polres Nabire Papua, Pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2017 pukul 13.00 wit, bertempat di Aula Koteka Moge Moanemani Distrik Kamuu Kabupaten Dogiyai dilaksanakan ” Tatap Muka oleh Masyarakat Kabupaten Dogiyai bersama Anggota Komnas HAM RI “.

Anggota Komnas HAM RI tesrsebut dihadiri oleh Natalis Pigai, Kapolres Nabire AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE, Kapolsek Kamuu AKP Mardi Marpaung, S.Sos, Danramil Monamani Mayor CZI DJarman Dabang, Danton Brimob BKO Iptu G. Kaunar, Waka Polsek Kamuu Ipda Syafri Jido, S.Sos, Komandan Phaskhas 465 Lettu Syahrul, Asisten II Kabupaten Dogiyai Tobias Bonapa, Para Kepala Suku, Toga, Tomas, Tokoh Perempuan dan Masyarakat Kabupaten Dogiyai kurang lebih 100 ( Seratus ) orang.

IMG-20170128-WA0134

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyampaian dari Anggota Komnas HAM RI Natalis Pigai, sebagai berikut :

1). Saya sebagai anggota Komnas Ham RI telah menerima laporan masyarakat langsung melalui medsos, sms dan telpon.

2). Agenda pertemuan ini adalah mendengarkan langsung keterangan dari masyarakat tentang  kegiatan Kepolisian di Kabupaten Dogiyai yang membuat resah masyarakat.

3). Kapolres Nabire agar bisa memberikan jaminan kepada masyarakat Kabupaten Dogiyai agar supaya masyarakat bisa hidup normal kembali seperti biasa tanpa tekanan serta memperbaiki hubungan masyarakat dengan Kepolisian di Kabupaten Dogiyai.

4). Polisi punya tugas melindungi dan mengayomi masyndan masyarakatpun juga mempunyai hak untuk hudup damai tanpa tekanan.

5). Catatan saya sebagai Komnas Ham RI kepada Kapolres Nabire bahwa, cangkul, sekop dan alat tajam berupa pisau dan parang merupakan alat kerja untuk memenuhi kebutuhan pokok jadi tidak boleh disita dalam kegiatan sweeping dilapangan.

6). Kepada masyarakat Dogiyai bahwa Kapolres Nabire sudah hadir di tengah – tengah kita, agar semua unek – unek di hati masyarakat bisa di sampaikan secara langsung.

7). Tentang Peraturan  Kapolri Tahun 2016 yaitu Head Speech (kekerasan verbal atau kekerasan kata – kata) , agar petugas  dapat santun dalam berbicara kepada masyarakat dalam bertugas.

8).  Mengenai kegiatan patroli rutin Kepolisian, kami maklumi karena merupakan tugas Kepolisian, namun sweeping eksesif  (berlebihan) yang masyarakat tantang.

9). Pesan saya agar masy Papua jangan terlalu bnyak mengkonsumsi alkohol berlebihan hingga membuat rugi kesehatan.

10). Aparatur negara agar dapat menjaga martabat rakyat dengan menjaga etika dalam bertugas.

IMG-20170128-WA0169

Kapolres Nabire AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE menyampaikan bahwa :

1).  Atas nama pimpinan Keamanan wilayah Nabire dan Dogiyai dan juga sebagai anak putra papua, saya meminta permohonan maaf sebesar – besarnya manakala dalam pelaksnaan tugas – tugas Kepolisian di Dogiyai ada yang menyakiti hati bapak dan ibu sekalian.

2). Saya Kapolres Nabire siap di copot dalam jabatan saya bilamana dalam tugas kami terbukti selalu  menyusahkan dan meresahkan masyarakat serta melakukan pelanggaran kepada masyarakat Dogiyai.

3). Dalam tugas – tugas yang sedang kami lakukan apabila ada anggota melakukan pelanggaran kepada masyarakat silahkan melakukan laporan sesuai prosedur ataupun laporan secara pribadi kepada saya.

4). Kami bekerja melayani dengan hati dan Polisi tidak bisa bekerja sendri tanpa bantuan masyarakat, untuk itu perlunya partsipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan masing – masing.

5). Memnta masyarakat agar jangan membangun opini negatif tentang Polisi dengan tidak didasari fakta yang sebenarnya.

6). Dalam mengadapi Pilkada Dogiyai, upaya kami secara persuasif yaitu akan mengumpulkan masyarakat untuk membuat satu pernyataan agar dapat bersama – sama dalam menjaga keamanan sehingga Pilkada dapat berjalan aman, sukses dan lancar.

7). Kami Kepolisian Polres Nabire akan mengoreksi kekurangan dan kesalahan kami dalam pelaksanaan tugas Kepolisian di Wilkum Kabupaten Dogiyai.*

Penulis : Efer Lamba

Editor : Kang Iqbal

Publish : Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password