Ledakan Kapal Dipelabuhan Khayangan Lombok Timur Renggut Satu Korban Jiwa

TKP-dan-korban-ledakan_1

tribratanews.polri.go.id. – Lotim, Ledakan keras terjadi di lambung kapal TB. VANDO VI, di pelabuhan Khayangan Lombok Timur (Lotim) kemarin Jumat (27/01) sekitar pukul 17.30 Wita. Dalam kejadian tersebut menewaskan Samuel Tangkibali yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK), asal Toraja dan Saiful Rahman (46 th), pekerjaan tukang las, alamat kampung Banjar, Desa Labuhan Lombok, selamat dari insiden ledakan itu.

Menurut Direktur Kepolisian Perairan Poda NTB Kombes Pol Edwin Rachmat Adikusumo “Kejadian ini berawal dari Saiful Rahman (saksi) dan Samuel Tangkibali (Korban) melakukan pekerjaan memotong plat besi di atas kapal yang berdekatan dengan lubang tangki BBM sebelah kiri, saat itu saksi melakukan pengelasan namun belum selesai dan korban mengambil alih pekerjaan tersebut, namun pada waktu pengelasan diperkirakan api Las mengenai tangki BBM, sehingga menyebabkan ledakan yang menyebabkan korban terpental beberapa meter, sedangkan saksi langsung lompat ke laut. Mendengar ledakan tersebut beberapa rekan korban mendatangi tempak kejadian dan menolong korban untuk dibawa ke puskesmas labuhan lombok, setelah diperiksa oleh dokter, korban dinyatakan meninggal dunia”

TKP-dan-korban-ledakan_2

“Kejadian ini harusnya tidak terjadi apabila Standar Operasioanl Prosedur (SOP) dijalankan dengan baik seperti apabila melakukan kegiatan diruang kapal yang ada rongga udaranya seperti pada tongkang, palka, lobang manusia (Men Hole) atau tangki BBM terlebih dahulu dilakukan Cleaning dengan memberikan tekanan udara kedalam rongga tersebut dengan tujuan agar sisa gas ataupun zat beracun lainnya keluar dari tempat tersebut”ujarnya

beliau juga menambahkan ini merupakan kecelakaan kerja, namun apabila terdapat kelalaian dan tidak mengikuti SOP yang ada, tentunya kami akan perintahkan tim Gakkum untuk lakukan Penyelidikan dan Penyidikan.

Punulis: Edw

Editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password