Maraknya Tahanan Melarikan Diri, Kapolres Belu NTT, Arahkan Pedomani SOP Saat Bertugas

Tribratanews.polri.go.id – Polda NTT, Maraknya tahanan melarikan diri, Kapolres Belu Akbp Michael Ken Lingga, SIK, mengambil sikap tegas dengan mengeluarkan petunjuk dan arahan tertulis kepada Satuan fungsi dan Polsek, tentang prosedur jaga tahanan.

Dalam mengurus dan menjaga tahanan,  Kapolres Belu menegaskan anggota untuk selalu berpedoman dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Standar yang dimaksud disini antara lain bagaimana tata cara besuk tahanan, dimana anggota harus betul-betul memperhatikan barang yang dibawa untuk tahanan, baik itu makanan, minuman ataupun barang lain yang kiranya tidak membahayakan tahanan ataupun memberi peluang tahanan itu kabur.

Setiap anggota yang bertugas jaga tahanan, wajib mengecek ruang tahanan setiap saat untuk memastikan kondisi sel yang aman, jumlah tahanan yang utuh serta kondisi dari para tahanan.

Petugas jaga tahanan / anggota piket, tidak diperkenankan meninggalkan ruang tahanan dalam keadaan kosong, karena dalam kondisi lengah, memberikan peluang tahanan itu melarikan diri.

Untuk diketahui, baru-baru ini tepatnya tanggal 26 Januari 2017, sebanyak 13 tahanan di Polres Balik Papan Polda Kaltim, melarikan diri. Mereka kabur dengan menjebol terali atas dari besi yang berada di teras tahanan. Dalam aksinya, mereka lebih dulu membengkokkan CCTV dan menggunakan pintu WC sebagai tangga.

Dari 13 tahanan yang kabur, 7 orang tahanan berhasil ditangkap yakni:
1. Muhammad Agus Irawan alias Pakul bin Muhammad Herdi Yunus.
2. Amal bin Halimh.
3. Anwar alias Taufik bin Uddin.
4. Rusliansyah bin Mustafa.
5. Sapril M bin M Acit.
6. Fahrul Hendra Yadi bin Durahman.
7. Bernadus Rinto bin Teo Dorus.

Penulis: PID Polda NTT

Editor : Kang Iqbal

Publish: Eja Manto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password