Pastikan Imlek Aman, Kapolres Banyumas Terjun Langsung Pengamanan di Tempat Ibadah

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Jelang perayaan Imlek yang akan berlangsung pada hari Sabtu 28 Januari 2017, Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH, S.IK., M.Hum melalui Kabag Ops Kompol Suranto, S.H menekankan kepada anggota untuk meningkatkan penjagaan pada klenteng yang ada di Kabupaten Banyumas.
Kabag Ops Polres Banyumas Kompol Suranto, S.H menyampaikan bahwa selain mengantisipasi kerawanan aksi teror dan kemanan warga Tionghoa yang akan melaksanakan Ibadah dan Tempat Ibadah Hok Tik Bio,  3 Klenteng  yang berada di Purwokerto, Sokaraja dan Banyumas ini memang menjadi pusat pengamanan karena semua umat Tionghoa melaksankan Ibadah dan perayaan Imlek.
Kapolres Banyumas bersama Kabag Ops, para Kasat dan Kapolsek melaksanakan patroli sambang dan koordinasi dengan di awali sterilisasi pada ke 3 klenteng tersebut.
“Kegiatan patroli ini bermaksud untuk menemui pengurus klenteng serta berdialog mengenai persiapan perayaan Imlek.”, ungkap Kapolres.
Menurut Kabag Ops pengamanan dilakukan mulai hari Jumat (27/1/2017) malam hingga puncak perayaan Tahun Baru Imlek pada hari berikutnya. Adapun fokus pengamanan akan menitikberatkan pada pengamanan objek meliputi tempat ibadah Klenteng Hok Tik Bio dan lokasi sekitar, arus lalu lintas menuju sekitar klenteng hingga pusat keramaian seperti mall, obyek vital, alun-alun dan tempat keramaian maupun tempat-tempat hiburan.
Diperkirakan, liburan akhir pekan panjang yang bersamaan dengan libur tahun baru Imlek, akan membuat kota Purwokerto menjadi ramai karena banyak masyarakat yang ingin menyaksikan hiburan Barongsai dan Leyangleyong di Klenteng. Sejauh ini siatuasi Kab. Banyumas  dan sekitarnya cukup kondusif. Belum terdeteksi adanya tindak kerawanan yang dapat mengganggu kelancaran perayaan tahun baru Imlek.
“Meski demikian, kami tidak ingin lengah. Personil pengamanan yang melaksanakan tugas pengamanan  dan warga dihimbau tetap bersiaga guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu muncul gangguan kamtibmas.”, kata Kabag Ops.
Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat Banyumas untuk memiliki toleransi dengan sesama umat manusia. Sehingga, Banyumas tetap aman dan kondusif.
“Toleransi terhadap warga yang berbeda keyakinan, ajaran, dan keturunan diminta untuk terus dijaga. Sehingga perayaan Imlek di Banyumas  lancar.”, katanya.
Penulis : Sukiyah
Editor : Kang Ikbal
Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password