Pelayanan Publik di Jambi : Ini Cara Kerja E – Tilang

IMG-20170128-WA0019Tribatanews.polri.go.id –  Polresta Jambi, Jumat (27/01/2017) Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jambi Akbp Nelson Sianipar bersama Kasat Lantas Polresta Jambi Kompol Suroto,S.H mengadakan sosialisasi E-Tilang di kantor Kasbangpol Provinsi Jambi.

Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala dan staf Kesbangpol Jambi. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 wib dan berlangsung dengan keakraban serta tertib.

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Bakharudin melalui Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jambi Akbp Nelson Sianipar mengatakan sosialisasi ini untuk mengenalkan system kerja E-Tilang yaitu pertama diinput data pelangar ke dalam aplikasi oleh petugas.

Baca juga : http://tribratanews.polri.go.id/?p=42790

Selanjutnya, “pengendara yang melanggar akan mendapatkan nomor resi id, baru pelanggar ini bisa  membayar denda secara langsung ke bank yang telah ditunjuk yakni Bank BRI. Bukti setor ini ditunjukan ke lantas (Baur Tilang) untuk pengeluaran barang bukti yang ditilang, bisa SIM atau STNK, ” Jelas Akbp Nelson Sianipar yang didampingi Kasat Lantas Polresta Jambi Kompol Suroto,S.H.

” Proses ini selain mempermudah juga sebagai bentuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polantas, serta menghapus image bahwa selama ini masyarakat selalu takut akan ulah oknum polisi yang melakukan pungutan liar atau pungli, “terang Kasubdit Gakkum Polda Jambi.

Untuk diketahui,sesuai dengan kebijakan Presiden RI Ir. Joko Widodo agar diadakan perubahan yang signifikan dalam pelayanan diberbagai instansi termasuk Kepolisian guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yaitu pada sentra pelayanan SIM, STNK, BPKB dan tilang agar tidak ada lagi praktek pungli yang ditindak lanjuti oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian tentang Program Promoter point kedua yaitu Peningkatan Pelayanan Publik yang lebih mudah bagi masyarakat yang berbasis teknologi dan informasi.

Guna menindaklanjuti Program Kapolri tersebut, Koorlantas Polri membuat suatu system tentang Penyempurnaan tilang yaitu dengan membentuk aplikasi tilang berbasis elektronik dengan sebutan E-tilang, pelaksanaan tilang online/E-Tilang agar terbentuknya kesadaran dan kepatuhan hukum dikalangan masyarakat oleh karenanya aspek pembudayaan hukum menjadi prioritas tersendiri dalam reformasi hukum dan Polri mampu bekerja secara professional dan proporsional.

E-Tilang ini, bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan tilang. Bagi masyarakat yang kita tindak karena melanggar, kita tilang dan catat dalam satu sistem aplikasi berbasis android. Dimana aplikasi ini langsung terhubung dengan pihak kejaksaan dan pengadilan negeri. (*)

Penulis : Gabriel
Editor :Kang Ikbal
Publish : Alam

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password