Dibawa di Truck Box, Dua Penyu di Kembalikan ke Habitatnya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Jumat (27-01-2017) kemarin Unit Tipiter Satuan Reskrim Polres Boalemo bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Utara Wilayah unit 2 Gorontalo melepas satwa dilindungi yakni Penyu ke habitatnya di kawasan wisata pantai Bolihutuo kec. Botumoito kab. Boalemo.

Pelepasan kembali penyu ini dihadiri oleh Kabag Sumda AKP Daryono Abunasir bersama dengan Kasat Binmas AKP Pius Horokubun.

Menurut Ipda Edwin Isa Mahendra, STK kepala unit Tipiter Satuan Reskrim Polres Boalemo penyu tersebut ditangkap di truk Box yang akan di jual dan di bawa ke Kota Gorontalo.

Oleh karena itu kami mengamankan Penyu tersebut dan langsung menghubungi Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Utara Wilayah unit 2 Gorontalo Sjamsuddin Hadju, SH untuk diminta dilepaskan kembali ke habitatnya.

“Penyu yang dilepaskan ke habitanya berjumlah 2 ekor dengan berat masing- masing 35kg dan 25kg dengan panjang dan lebar 80×60 dan 70x60cm jenis kelamin betina dengan kisaran umur 8-10 tahun”, jelas Edwin.

Dengan adanya hal tersebut setiap pelaku akan di kenakan pasal melanggar UU RI no. 5 tahun 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem. Pasal 21 Ayat 2 huruf a dgn ancaman pidana 5thn denda Rp. 100.000.000,-.

Penulis   : RA Bilondatu

Editor     : Kang Ikbal

Publish    : RA Bilondatu

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password