Polda Jateng Bersama Instansi Terkait Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Sebanyak 7.300 personel gabungan di Jawa Tengah melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak dan Titik penyemprotan ini dipusatkan di zona merah atau kawasan dengan jumlah pasien positif Virus Corona atau COVID-19 maupun PDP atau ODP terbanyak.

Penyemprotan juga dilakukan menggunakan mobil taktis seperti water cannon hingga mobil pemadam kebakaran di jalan-jalan protokol. Para pejabat yang ikut menyemprot langsung yakni Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Wali Kota Semarang, Kapolrestabes Semarang, dan dari pengadilan maupun kejaksaan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel turut membuka penyemprotan massal secara serentak bersama sejumlah instansi terkait di Balaikota Semarang. “Ada 1.200-an titik di Jateng yang dilakukan penyemprotan oleh 7.300-an personel baik Polri, TNI, Pemerintah, BPBD, dan relawan,” jelas Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Selasa (31/3/20).

Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyebut titik penyemprotan ini mengacu pada data Pemprov Jateng terkait zona merah Corona. Tak hanya menyemprot disinfektan, anggota tim juga menyosialisasikan agar masyarakat berkegiatan di rumah saja. “Titik yang diutamakan adalah titik-titik zona merah yang tersebar baik positif, PDP, atau ODP,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis menambahkan upaya pencegahan penyebaran virus Corona juga dilakukan dengan mendata para pemudik. Para pemudik yang datang diminta mengisi formulir agar memudahkan tracing jika ditemukan kasus COVID-19. “Ini adalah keterangan dari penumpang, darimana asalnya dan mau ke mana. Yang bersangkutan juga bersedia memberikan informasi kesehatannya,” jelasnya.

Selain kepada pemudik yang datang, formulir tersebut juga diberikan pada penumpang angkutan yang akan ke luar kota. Kombes Pol Auliansyah Lubis berharap daerah lain mengikuti hal serupa agar ketika sampai di tempat tujuan formulir itu bisa langsung diberikan. “Harapan di kota keberangkatan bisa buat seperti ini,” terangnya.

(bgbq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password