Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalsel Perketat Jalur Lintas Masuk Provinsi Kalsel

Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel akan memperketat jalur lintas masuk Provinsi Kalsel terutama jalur darat, karena telah muncul kasus pertama corona atau Covid-19 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ditemukan di RSUD Ulin Banjarmasin. Hal ini disampaikan oleh Ketua Harian Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel, H Wahyuddin di Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Minggu (22/3).

 

“Semua jalur masuk lintas provinsi itu berada di beberapa kabupaten. Pertama Kabupaten Tabalong,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel.

Kabupaten Tabalong ada dua titik utama jalur masuk ke Kalsel. Yaitu dari Provinsi Kaltim di Desa Lano yang akan didirikan posko. Selain itu, jalur lainnya yang berbatasan dengan Kecamatan Kalua yang berbatasan dengan Provinsi Kalteng.

 

“Posko dilengkapi peralatan cegah tangkal. Unsur-unsur yang melaksanakan tugas itu yaitu dari unsur Dinas Kesehatan, TNI-Polri, Satpol PP dan gugus tugas yang terkait yaitu Gugus Tugas Kabupaten Tabalong yang memiliki konsep itu, dan mereka mulai bekerja Senin (23/3/2020) besok,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel.

 

Di samping itu, langkah serupa juga diterapkan di jalur lintas provinsi lainnya. Yaitu berada di Kabupaten Barito Kuala, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalteng. Salah satu upaya lain yang dilakukan Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel yakni melakukan tracing –penelusuran- kepada pihak siapa saja pasien sempat kontak.

 

“Kita sudah melakulan tracing (penelusuran kontak) dan sebagian yang ditracing terhadap pasien Ulin 01 positif  ini, sudah masuk dalam jumlah pasien orang dalam pengawasan,” jelas Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalimantan Selatan.

 

Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalimantan Selatan mengatakan, pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona tersebut merupakan pasien dengan kode Ulin 01 yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin. Muslim membeberkan bahwa pasien Ulin 01, memiliki riwayat perjalanan keluar daerah yakni ke pulau Jawa. Daerah yang didatangi pasien tersebut telah dinyatakan terjangkit virus corona.

 

Kepastian satu orang positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Kalimantan Selatan, sebelumnya disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Minggu (22/3/2020) siang. Ini menjadi kasus pertama, Setelah pemerintah provinsi Kalsel menaikkan status tanggap darurat Covid-19 pada Sabtu (21/3/2020).

(fa/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password