Kabareskrim Ingatkan Anggota Polri Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2020

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kabareksrim Polri, Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengingatkan dan meminta kepada seluruh jajaran Kepolisian untun menjaga netralitas selama Pilkada serentak tahun 2020.

 

Kabareskrim Polri juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Kepolisian di lapangan untuk tidak terlibat langsung dalam kampanye yang dilakukan para calon Kepala Daerah. Peran Kepolisian dalam sebuah Pilkada harus berada di tengah dan netral.

 

Sejauh ini setidaknya ada tiga orang dari unsur Polri yang menjadi bakal calon dalam pilkadaserentak 2020. Mereka adalah mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Fakhrizal yang maju dalam Pilgub Sumbar, Irjen (Purn) Ike Edwin yang ikut dalam kontestasi Pilwalkot Bandar Lampung menggandeng Zam Zanariah dan mantan Kapolda Jawa Timur Irjen (Purn) Machfud Arifin dalam kontestasi Pilwalkot Surabaya.

 

Seluruh anggota Polri harus patuh dan menjaga instruksi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. Terlebih netralitas Polri telah diatur dalam Undang-Undang. Kabareskrim memastikan bila ada jajarannya yang tidak netral, akan mendapat sanksi kode etik.

 

“Saya tekankan anggota (Polri) profesional saja. Kalau (melakukan pelanggaran) memang semuanya didukung alat bukti dan menjadi kesepakatan di dalam rapat koordinasi, tentunya kami akan proses. Kalau tidak netral, dalam penegakan hukum ke depan masyarakat tak akan lagi percaya. Ini tak baik dalam proses hukum.” Pungkas Kabareskrim Polri.

 

(fb/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password