Serentak di Seluruh Indonesia, Kapolri dan Panglima TNI Tanam Mangrove di Tangerang

Tribratanews.polri.go.id-Tangerang. Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, M.Si., dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., menanam pohon mangrove dan menebar benih ikan di Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Selain di Tangerang, kegiatan tersebut juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia, Jumat (21/02/20).

“Seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang. Jadi kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, ini hanya simbolis saja,”ungkap Jenderal Pol. Idham Azis di lokasi.

Selain itu, Mantan Kabareskrim Polri itu menambahkan penanaman mangrove dan penyebaran benih ikan sejatinya merupakan tanggung jawab bersama. Dengan demikian akan ada upaya masif untuk mengajak seluruh komponen masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan penanaman pohon mangrove dan penyebaran benih ikan, menurutnya sebagai upaya mencegah terjadinya bencana seperti banji.

“Serta juga untuk menjaga kelestarian alam lingkungan untuk anak cucu kita,” jelas Kapolri.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menjelaskan penanaman pohon mangrove memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Menurut Panglima TNI ekosistem mangrove bisa menjaga pantai dan bermanfaat bagi nelayan.

“Penanaman mangrove, penyebaran benih ikan memiliki peran penting, tidak hanya terkait nelayan di sini saja. Keberadaan hutan bakau yang baik, terpeliharanya ekosistemnya juga akan menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas,” jelas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam acara itu, turut hadir Menteri Kelautan Republik Indonesia Edi Prabowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar serta Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi beserta jajarannya.

(ng/bq/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password